Berita Balikpapan Terkini

Operasi Zebra Mahakam 2022 di Kaltim Dimulai, Sasar 7 Pelanggaran Prioritas

Operasi Zebra Mahakam 2022 sudah dimulai sejak hari ini ditandai dengan Apel Gelar Pasukan Ditlantas Polda Kaltim, Senin (3/10/2022).

Penulis: Mohammad Zein Rahmatullah | Editor: Aris
TRIBUNKALTIM.CO/DWI ARDIANTO
Apel Gelar Pasukan Ditlantas Polda Kaltim menandai telah berjalannya Operasi Zebra Mahakam 2022 sejak hari ini, Senin (3/10/2022), hingga dua pekan ke depan. (TRIBUNKALTIM.CO/DWI ARDIANTO) 

TRIBUNKALTIM.CO, BALIKPAPANOperasi Zebra Mahakam 2022 sudah dimulai sejak hari ini ditandai dengan Apel Gelar Pasukan Ditlantas Polda Kaltim, Senin (3/10/2022).

Dimana Operasi Zebra Mahakam ini dijadwalkan berlangsung hingga dua pekan ke depan, yakni tanggal 14 Oktober 2022.

Adapun fokusnya menyasar sedikitnya 7 pelanggaran yang dianggap prioritas dan berpotensi menimbulkan laka lantas di jalan raya.

Dirlantas Polda Kaltim, Kombes Pol Sonny Irawan merincikan, 7 pelanggaran tersebut diantaranya melanggar marka, tidak menggunakan helm, sabuk keselamatan, menerobos lampu merah, tidak membawa dokumen, kelebihan muatan hingga melawan arus.

Baca juga: Operasi Zebra Mahakam 2022 Dimulai, Kedepankan Penindakan Humanis, Fokus Disiplin Lalin dan Prokes

"Pelanggaran itu bisa menyebabkan terjadinya kecelakaan lalulintas," ujar Sonny.

Dia menjelaskan, eksekusi dari Operasi Zebra Mahakam ini lebih mengedepankan kepada himbauan maupun edukasi terhadap masyarakat. Dalam hal ini berarti sebatas preemptif dan preventif.

Sementara untuk penilangan atau represif tetap ada. Namun, kata Sonny, hanya melalui teknologi tilang elektronik atau E-TLE yang hanya beroperasi di Balikpapan.

Baca juga: 14 Hari ke Depan, Polres Bontang Operasi Zebra Mahakam 2022

"Kota yang menggunakan ETLE baru baru Balikpapan. Kota Samarinda prosesnya sedang berjalan," imbuhnya.

Sehingga untuk Kabupaten/Kota yang belum dioperasikan E-TLE, lanjut Sonny, petugas memberikan edukasi dengan pendekatan persuasif dan komunikatif.

"Tidak Menggunakan tilang di tempat. Biarkan saja yang menggunakan E-TLE," tandasnya.

Baca juga: Operasi Zebra 2022 Dimulai Hari Ini, Senin 3 Oktober 2022, Daftar 14 Pelanggaran yang Disasar

Karenanya, ia mengimbau kepada masyarakat agar tidak perlu khawatir atau takut atas berjalannya Operasi Zebra Mahakam ini.

"Kami di lapangan tentunya mengedepankan komunikasi, imbauan hingga edukasi kepada masyarakat demi keselamatan," tukasnya. (*)

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Join Grup Telegram Tribun Kaltim untuk mendapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari. Caranya klik link https://t.me/tribunkaltimcoupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber: Tribun Kaltim
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved