Berita Berau Terkini

Ketua DPRD Berau Sarankan Siswa SMA 4 yang Berada di Tanjung Redeb Untuk Daring

Ketua DPRD Berau, Madri Pani meminta kebijakan menitipkan siswa SMA 4 Berau di daerah Tanjung Redeb saat Jembatan Sambaliung ditutup

TRIBUNKALTIM.CO/RENATA ANDINI PENGESTI
Ketua DPRD Berau, Madri Pani.TRIBUNKALTIM.CO/RENATA ANDINI PENGESTI 

TRIBUNKALTIM.CO,TANJUNG REDEB- Ketua DPRD Berau, Madri Pani meminta kebijakan menitipkan siswa SMA 4 Berau di daerah Tanjung Redeb saat Jembatan Sambaliung ditutup, seharusnya memiliki opsi lain.

Meskipun hanya sebagian murid SMA 4 yang berasal dari Tanjung Redeb, namun skema menitipkan tersebut dikhawatirkan tidak efisien bagi siswa itu sendiri.

Sebab, siswa harus bersosialisasi kembali untuk mengikuti sekolah sementara mereka.

“Saya baru dengar opsi tersebut, memang tidak pernah juga mengajak DPRD Berau untuk berunding terkait hal ini,” tegasnya kepada Tribunkaltim.co, Selasa (4/10/2022).

Menurut Madri, lebih baik opsi yang diberikan berupa pembelajaran daring. Ataupun pihak sekolah menyiapkan kendaraan alternatif yang jam nya sesuai dengan jam masuk sekolah.

Baca juga: Ketua DPRD Berau Madri Pani Apresiasi Bupati Sri Juniarsih Belum Naikkan Tarif Air PDAM

Baca juga: DPRD Berau Soroti Kapasitas RSUD Abdul Rivai yang Overcapacity

Baca juga: Sri Juniarsih Mantap Adakan Pengembangan RSUD dr Abdul Rivai Walau Sempat Disorot DPRD Berau

Jadi, kekhawatiran untuk terlambat, ataupun antri saat penyebrangan bisa diminimalisir. Kendati masalah penitipan sementara itu, juga melalui persetujuan orangtua.

Madri juga mempertanyakan, apakah mengenai sosialisasi terhadap orang tua, sudah cukup waktunya, atau sifatnya mendadak. Lantaran, pihaknya juga baru mengetahui skema tersebut.

“Walaupun kewenangan ada di provinsi ya untuk SMA ini, tapi kami sama sekali tidak tahu. Saran saya dari pada opsi seperti menitipkan itu, ada yang lebih baik seperti daring, atau dari sekolah lah yang memfasilitasi penyebrangan,” tutupnya.

Sebelumnya, Kepala Cabang Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kaltim, Wilayah VI Kabupaten Berau, Juanita Sari menjelaskan, keputusan tersebut menjadi opsi dari penutupan jembatan, yang dikhawatirkan saat penyebrangan memakan waktu yang cukup lama.

Walaupun, keputusan untuk menumpang atau dititipkan belajar tersebut diputuskan oleh orang tua siswa masing-masing.

“Memang kami kasih opsi, anak yang tinggal di di Tanjung Redeb, boleh memilih tetap masuk sekolah di SMA 4, atau numpang dulu sementara disekolah yang sudah dipilihkan,” tegasnya.

Menurut Juanita, keputusan dari wacana tersebut, berasal dari keputusan orangtua. Namun, pihaknya menyarankan untuk lebih baik belajar disekolah lain terlebih dahulu.

Melihat dari sisi keselamatan, maupun estimasi waktu yang dibutuhkan untuk menyebrang, yang diakuinya nantinya bisa tidak sebentar dan rawan telat.

Sebab sekolah tidak bisa mengundur waktu untuk jam masuk sekolah, mengikuti aturan yang berlaku.

Baca juga: Komisi III DPRD Berau Komitmen Akan Tuntaskan Persoalan Lingkungan Hidup, Terutama Permasalahan TPA

Adapun sekolah yang disediakan oleh pihaknya, yakni Muhammadiah dan SMA PGRI maupun SMA 1 Berau. Untuk pembelajaran akan dipantau dari guru masing-masing dari sekolah tersebut.

“Sebenarnya penitipan sementara itu jauh lebkh efisien ya, daripada nanti bisa rawan telat. Tapi yang tinggal di Sambaliung, tetap masuk ke SMA 4 seperti biasa,” tegasnya.

Pihaknya juga tidak menyediakan opsi daring, lantaran pembelajaran tersebut diakui kurang efisien, mengingat jembatan tidak mungkin selesai hanya dalam waktu hitungan minggu.

“Semua keputusan di orangtua, jika memang orangtua tidak setuju jika harus dititipkan ke sekolah yang ditunjuk, maka tetap seperti biasa si SMA 4, tapi tetap mengikuti jam yang berlaku,” tutupnya. (*)

Join Grup Telegram Tribun Kaltim untuk mendapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari. Caranya klik link https://t.me/tribunkaltimcoupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel

Sumber: Tribun Kaltim
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved