Berita DPRD Samarinda

Komisi IV DPRD Samarinda Sebut Pola Hidup Masyarakat Jadi Kunci Tangani DBD yang Meningkat

Ketua Komisi IV DPRD Samarinda, Sri Puji Astuti menilai bahwa kunci penanggulangan Demam Berdarah Dengue (DBD) yang tengah meningkat adalah dengan men

Penulis: Sarikatunnisa | Editor: Rahmad Taufiq
TRIBUNKALTIM.CO/SARIKATUNNISA
Ketua Komisi IV DPRD Samarinda, Sri Puji Astuti menilai kunci penanggulangan Demam Berdarah Dengue (DBD) yang tengah meningkat dengan mengubah pola hidup masyarakat untuk selalu menjaga kebersihan lingkungan. TRIBUNKALTIM.CO/SARIKATUNNISA 

TRIBUNKALTIM.CO, SAMARINDA - Ketua Komisi IV DPRD Samarinda, Sri Puji Astuti menilai bahwa kunci penanggulangan Demam Berdarah Dengue (DBD) yang tengah meningkat adalah dengan mengubah pola hidup masyarakat untuk menjaga kebersihan lingkungan.

Saat ini Pemkot Samarinda telah membentuk gerakan satu rumah satu Juru Pemantau Jentik (Jumantik) dan Dasawisma sebagai bentuk upaya dalam penanggulangan DBD dan penyakit menular lainnya.

Menurutnya, upaya yang dilakukan Pemerintah Kota Samarinda saat ini masih belum maksimal.

"Saya lihat programnya mereka sudah jelas ya, dari kementerian sampai ke dinas sudah jelas, penanganan DBD di rumah sakit pun sudah jelas SOPnya, lalu sosialisasi sudah sering cuma memang kayaknya ini pola hidup," ujar Puji saat ditemui, Rabu (5/10/2022).

Namun kendalanya, menurut Puji, itu mengubah pola hidup masyarakat lebih susah daripada mengobati DBD itu sendiri.

Baca juga: DPRD Samarinda Nilai Edaran Penertiban Mahakam Harus Ditinjau Ulang

"Saya mengambil kesimpulan begini, sepertinya mengubah pola hidup lebih susah dari mengobati DBD," ujarnya.

Pembagian Abate dinilai bisa menjadi salah satu opsi menurutnya, tetapi lagi-lagi akan menghabiskan banyak anggaran daerah.

"Pembagian abate bagus, tapi perlu biaya, abate lima bungkus 20 ribu dibagikan ke seluruh Samarinda, selama ada dana silakan," katanya.

Ia sendiri mengaku kaget dengan angka kasus DBD di Samarinda di mana ada 1.131 penderita dan 8 meninggal.

Baca juga: Komisi II DPRD Samarinda Ingin Pemkot Lakukan Komunikasi dengan PKL yang Ditertibkan

Sehingga ia sangat berharap pemerintah bisa mengambil langkah bagaimana caranya pola hidup masyarakat bisa berubah untuk menjaga kebersihan lingkungan. (*)

Join Grup Telegram Tribun Kaltim untuk mendapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari. Caranya klik link https://t.me/tribunkaltimcoupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber: Tribun Kaltim
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved