Berita Kubar Terkini

Cegah Karhutla, Polda Kaltim Gelar Mitigasi Kesiapan Personel dan Peralatan di Mapolres kubar  

Wilayah Kabupaten Kutai Barat masuk dalam kategori salah kawasan yang rawan terjadinya kasus kebakaran hutan dan lahan (Karhutla).

Penulis: Zainul | Editor: Rahmad Taufiq
TRIBUNKALTIM.CO/ZAINUL MARSYAFI
Tim Biro Ops Polda Kalimantan Timur melakukan mitigasi dan pengecekan kesiapan personel serta peralatan penanggulangan karhutla di Mapolres Kutai Barat. TRIBUNKALTIM.CO/ZAINUL MARSYAFI 

TRIBUNKALTIM.CO, SENDAWAR - Wilayah Kabupaten Kutai Barat masuk dalam kategori salah kawasan yang rawan terjadinya kasus kebakaran hutan dan lahan atau karhutla.

Sehingga beberapa program yang dilakukan pemerintah bekerja sama dengan aparat TNI-Polri sebagai upaya pencegahan Karhutla terus dilakukan, mulai dari pelatihan penanggulangan karhutla hingga pembentukan komunitas peduli api.

Seperti yang dilakukan tim Biro Ops Polda Kalimantan Timur pada Kamis (13/10/2022) kemarin, di mana rombongam tim Biro Ops Polda Kaltim yang dipimpin AKBP Bonifasio Rio Rahadianto melakukan kunjungan kerja di wilayah Kabupaten Kutai Barat guna melakukan mitigasi sekaligus pengecekan kesiapan personel dan peralatan pendukung pencegahan kebakaran hutan dan lahan.

Mitigasi pengecekan kesiapan personel dan peralatan Karhutla itu dilakukan di halaman Mapolres Kubar, jl. Gajah Mada Kecamatan Barong Tongkok. 

AKBP Bonifasio Rio Rahadianto mengatakan, kunjungan tim Polda Kaltim dalam rangka kegiatan mitigasi atau serangkaian upaya untuk mengurangi risiko bencana, baik melalui pembangunan fisik maupun penyadaran dan peningkatan kemampuan menghadapi ancaman bencana.

Baca juga: Waspada Karhutla meskipun Berau Memasuki Kemarau Basah, BPBD Patroli Keliling di 9 Kecamatan

"Dalam kegiatan mitigasi Karhutla dan sekaligus melakukan pengecekan Posko Terpadu pencegahan terjadinya Karhutla di Kabupaten Kutai Barat pada umumnya,” katanya.

Dia menjelaskan kegiatan seperti pembukaan lahan dengan melakukan pembakaran harus dikoordinasikan dengan pihak terkait.

Meskipun terdapat perbedaan antara undang–undang kehutanan dan perkebunan diharuskan membangun koordinasi dengan tujuan melegalkan kegiatan tersebut serta memperhatikan pihak lain maupun warga setempat.

Kegiatan ini turut dihadiri belasan peserta dari berbagai elemen, baik dari PMK maupun dari pihak pihak perusahaan.

Baca juga: Antisipasi Karhutla, Satpol PP Mahulu Gelar Pelatihan dan Pembinaan Masyarakat Peduli Api

Sebelumnya Tim Mitigasi juga melakukan pengecekan kesiapan personel dan peralatan penanganan Karhutla di Posko Dalkarhutla Kabupaten Kubar.

Di mana dalam pengecekan melibatkan perusahaan yang bergerak di bidang pertambangan, perkebunan dan kehutanan serta Stakeholder terkait Darkarhutla. (*)

Join Grup Telegram Tribun Kaltim untuk mendapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari. Caranya klik link https://t.me/tribunkaltimcoupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber: Tribun Kaltim
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved