Berita Kukar Terkini

Mako Brimob Bakal Dibangun di Kukar, Wabup Rendi Solihin Beber Dampak Ekonomi

Kepolisian Daerah Kalimantan Timur berencana membangun markas komando brigade mobile alias Mako Brimob.

Penulis: Miftah Aulia Anggraini | Editor: Aris
HO
Pertemuan membahas rencana pembangunan mako brimob di Kukar berlangsung di Markas Polda Kaltim. (HO) 

TRIBUNKALTIM.CO, TENGGARONG - Kepolisian Daerah Kalimantan Timur berencana membangun markas komando brigade mobile alias Mako Brimob.

Pembangunan Mako Brimob rencananya alan berlokasi di samping sekolah kepolisian negara (SPN) Polda Kaltim di Kelurahan Loa Ipuh Darat, Tenggarong, Kutai Kartanegara

Wakil Bupati Kutai Kartanegara, Rendi Solihin menyambut baik rencana tersebut. Ia berkeinginan agar rencana pembangunan Mako Brimob bisa segera terealisasi.

"Pembangunan Mako Brimob II ini sama seperti pembangunan SPN Polda Kaltim di Desa Jonggon. Semua pihak mendukung pembangunannya,” ujar Rendi Solihin belum lama ini.

Baca juga: Bupati Kukar Edi Damansyah Serahkan Data Terpadu Kemiskinan ke Kemensos

Pembangunan Mako Brimob ini akan memberikan keuntungan tersendiri bagi Kabupaten Kutai Kartanegara yang menjadi lokasi pembangunan.

Setidaknya, memberikan dampak ekonomi cukup besar bagi Desa Jonggon. Sebab, wilayah mereka mendapat tambahan penghuni sekira 3.000 personel Brimob.

“Ini berdampak positif bagi perekonomian warga sekitar,” imbuhnya.

Rendi memastikan, seluruh pemda di Kalimantan Timur dipastikan mendukung mako brimob dibangun di Kukar.

Baca juga: Rangkaian HUT TNI, Kodam VI/Mulawarman Lakukan Reklamasi Lahan Bekas Tambang di Kukar

Mengingat, kabupaten ini akan menjadi daerah penyangga Ibu Kota Negara Nusantara. Dengan adanya personel brimob di Kukar maka pengamanan ibu kota akan lebih ekstra ketat.

Rendi menyebutkan, dana pembangunan mako brimob juga akan menggunakan APBN. Total nilainya diperkirakan sama dengan SPN yakni Rp 560 miliar.

Selain akan didukung anggaran dari pusat, juga akan dibiayai melalui APBD Kaltim, dan APBD 10 kabupaten/kota di Kaltim, dimana Kukar masuk di dalamnya. (*)

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Join Grup Telegram Tribun Kaltim untuk mendapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari. Caranya klik link https://t.me/tribunkaltimcoupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber: Tribun Kaltim
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved