Berita Balikpapan Terkini

MTs Negeri 1 Balikpapan Dukung Gerakan Nasional Aksi Gizi untuk Menekan Kasus Stunting

Menkes menggelar Gerakan Nasional Aksi Bergizi untuk menekan kasus stunting  di Indonesia melalui pemberian tablet penambah darah kepada remaja putri.

Penulis: Siti Zubaidah | Editor: Sumarsono
HO
Gerakan Nasional Aksi Bergizi untuk menekan kasus stunting  di Indonesia melalui pemberian tablet penambah darah kepada siswi di MTs Negeri 1 Balikpapan, Rabu (26/10/2022). 

TRIBUNKALTIM.CO, BALIKPAPAN - Kementerian Kesehatan menggelar gerakan nasional aksi gizi untuk menekan kasus stunting  di Indonesia melalui pemberian tablet penambah darah kepada remaja putri.

Sebanyak 318 siswi MTs Negeri  1 Balikpapan terpilih mengikuti kegiatan aksi bergizi dari 1.028 sekolah atau madrasah seluruh Indonesia.

Adapun  peserta  kegiatan aksi bergizi hingga saat ini telah mencapai 1.395.000 orang. 

Pemerintah Kota Balikpapan mendukung penuh dengan melakukan pembinaan juga edukasi di beberapa sekolah atau madrasah yang berada di titik 6 lokasi, khusus dalam pencegahan stunting sejak dini.

Walau hanya tinggal 18 persen saja di Balikpapan, diharapkan setahun atau dua tahun ke depan, penurunan kasus stunting bisa lebih cepat.

Baca juga: Dua Siswi MTs Negeri 1 Balikpapan Meraih Prestasi di Ajang KOSSMI Tingkat Nasional di Jakarta

MTs Negeri 1 Balikpapan,  satu-satunya madrasah yang menjadi  bagian dari lokasi khusus pelaksanaan program aksi gizi, Rabu (26/10/2022).

MTs Negeri 1 Balikpapan yang ditunjuk Wali Kota Balikpapan mewakili Kecamatan Balikpapan Utara sangat antusias mendukung gerakan aksi gizi cegah stunting tersebut.

Rangkaian aksi gizi dimulai pukul 07.30 hingga 10.00 Wita.

tambah darah
Gerakan Nasional Aksi Bergizi untuk menekan kasus stunting  di Indonesia melalui pemberian tablet penambah darah kepada siswi di MTs Negeri 1 Balikpapan, Rabu (26/10/2022).

Adapun  kegiatan ini diawali dengan sambutan dari Sub Koordinator Kelembagaan Kanwil Kemenag Provinsi Kaltim, Kepala Puskesmas Muara Rapak dan Kepala MTs Negeri 1 Balikpapan .

Dilanjutkan dengan aktivitas fisik yakni senam dan sarapan bersama juga minum tablet tambah darah dan juga pemeriksaan HB.

Baca juga: Pemberian Vaksinasi Covid-19 Dosis 2  di MTs Negeri 1 Balikpapan Sudah Berakhir

Dalam kegiatan aksi gizi ini, siswi harus bawa makanan sehat seperti nasi putih,sayur, lauk, buah, susu  untuk peningkatan perbaikan gizi.

Selain itu juga air putih untuk  minum tablet tambah darah. Bekal makanan bergizi tersebut dikemas menggunakan tempat makan dan  tubbler.

Selain itu, mereka juga diwajibkan membawa ponsel untuk mengisi aplikasi Aksi Ceria dengan menyiapkan NIK-nya.

Bertempat di aula siswi MTs Negeri 1 Balikpapan didampingi Sri Wahyuni, Kepala UKS, dr. Fahmi dan beberapa tenaga medis Puskesmas Muara Rapak mengikuti zoom bersama Walikota Balikpapan Rahmat Masud  dan beberapa sekolah pilihan lainnya yang berada dalam titik lokus.

Halaman
12
Sumber: Tribun Kaltim
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved