Berita Kutim Terkini

Penutupan Spansatara VIII Kutim, Usung Tema Profil Pelajar Pancasila

Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 001 Sangatta Utara menggelar Pesta Karya Pelajar VIII dengan mengusung tema Profil Pelajar Pancasila.

Penulis: Syifaul Mirfaqo | Editor: Aris
TRIBUNKALTIM.CO/SYIFA'UL MIRFAQO
Pesta Pesta Karya Pelajar VIII dengan mengusung tema Profil Pelajar Pancasila oleh ekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 001 Sangatta Utara, Kutim. (TRIBUNKALTIM.CO/SYIFA'UL MIRFAQO) 

TRIBUNKALTIM.CO, SANGATTA - Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 001 Sangatta Utara menggelar Pesta Karya Pelajar VIII dengan mengusung tema Profil Pelajar Pancasila.

Event pelajar ini menyajikan berbagai macam kebolehan yakni mulai wirausaha kuliner, pameran karya, hingga pertunjukkan bakat.

Berlangsung selama lima hari, pesta karya digelar di Halaman SMPN 001 Sangatta Utara, Jalan Pendidikan, Kecamatan Sangatta Utara, Kabupaten Kutai Timur (Kutim).

Baca juga: Wakil Ketua DPRD Kutim Sebut Penerapan Fuel Card ke Pengguna BBM Subsidi Perlu Sosialisasi Mendalam

Plt Kepala Dinas Pendidikan Kutim, Irma Yuwinda menyebut bahwa ciri perwujudan Profil Pelajar Pancasila tercermin dalam perta karya tersebut.

"Profil Pelajar Pancasila itu adalah perwujudan pelajar Indonesia sebagai pelajar yang memiliki kompetensi global yang tentunya tetap mencirikan ataupun menerapkan nilai ciri-ciri Pancasila," ujarnya, Jumat (4/11/2022).

Pancasila yang tergambar dalam pesta karya kali ini tentu menjadi panutan bagi sekolah-sekolah lain di Kutim untuk bisa menerapkan hal serupa.

Baca juga: Ketua DPRD Kutim Dukung Potensi Madu Kelulut di Bengalon, Berhasil Tingkatkan Kesejahteraan Warga

Salah satunya penerapan Iman dan Takwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan Berakhlak Mulia, baik kepada teman pelajar maupun guru-guru.

Kemudian menghargai perbedaan budaya yang ada, mengusung kreatifitas pelajar, dan memiliki nalar yang kritis.

"Nalar yang kritis, ini tadi ada pelajar yang bertanya kepada Wakil Bupati kemudian tidak peduli meski ditegur oleh gurunya. Tapi itu adalah hal yang baik mereka memiliki rasa penasaran," ujarnya.

Pesta Karya SMPN 1 Sangatta Utara menuai pujian dari Irma dan diharapkan kedepannya dapat terus diselenggarakan secara rutin. (*)

Sumber: Tribun Kaltim
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved