Berita Kukar Terkini

Waspada Banjir dan Kebakaran, BPBD Siapkan Pelatihan untuk Relawan Bencana di Kukar

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) menyiapkan pelatihan bagi relawan bencana.

Penulis: Miftah Aulia Anggraini | Editor: Aris
TRIBUNKALTIM.CO/MIFTAH AULIA ANGGRAINI
Kepala Pelaksana BPBD Kukar, Fida Hurasani. (TRIBUNKALTIM.CO/MIFTAH AULIA ANGGRAINI) 

TRIBUNKALTIM.CO, TENGGARONG - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) menyiapkan pelatihan bagi relawan bencana.

Hal tersebut dilakukan untuk meningkatkan kesiapsiagaan terhadap bencana banjir, longsor, kebakaran pemukiman dan lahan yang kerap terjadi di Kukar.

Untuk itu, Barisan Sukarelawan Kebakaran dan Bencana (Balakarcana) bakal mendapat pembinaan dan pelatihan siap siaga bencana. Realisasinya dilaksanakan dalam waktu dekat. 

Baca juga: 2 Tujuan Pengujian Kendaraan Bermotor di Kukar Dibuat BLUD

"Walaupun dilihat di lapangan hanya modal keberanian tapi ada SOP yang dilakukan pada pemadaman api,” kata Kepala BPBD Kukar, Fida Hurasani, Sabtu (5/11/2022).

Menurutnya, penanganan bencana kebakaran dapat teratasi dengan lebih efisien dan efektif jika dilakukan dengan SOP yang tepat. 

Afe sapaan akrabnya menjelaskan, SOP diciptakan untuk keamanan dan ketepatan sasaran terhadap risiko bencana dan kebakaran. 

Baca juga: Dinas PU Launching Pria Idaman, Ketua DPRD Kukar Harap Bisa Terkoneksi dengan OPD Lain

Oleh karen itu, pembinaan dan pelatihan ini merupakan bentuk komitmen BPBD Kukar dalam merangkul Balakarcana yang tersebar di Kukar.

Sehingga jejaring bersama ujung tombak lapangan dapat terbangun dengan pemerintah. Apalagi, kondisi geografis Kukar yang sangat luas. Hal ini membuat BPBD tidak dapat berdiri sendiri.

“Saya ingin pemerintah melalui BPBD benar-benar memfasilitasi rekan Balakarcana se-Kukar. Baik itu di RT, Desa, Kelurahan, Kecamatan itu harus," kata Afe.

"Karena ini menjadi jejaring kita pada saat kejadian di wilayah tertentu, karena mereka paling dekat,” pungkasnya. (*)

Sumber: Tribun Kaltim
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved