Berita Balikpapan Terkini

Pemkot Balikpapan Luncurkan Program Vaksinasi Anti Kanker Leher Rahim pada 283 Remaja Putri

Dinas Kesehatan Kota Balikpapan meluncurkan program vaksinasi anti kanker leher rahim (serviks) pada Peringatan Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-58.

Penulis: Niken Dwi Sitoningrum | Editor: Aris
HO/Pemkot Balikpapan
Peluncuran vaksinasi atau imunisasi anti kanker leher rahim (serviks) oleh Dinkes Balikpapan pada upacara peringatan HKN 2022. (HO/Pemkot Balikpapan) 

TRIBUNKALTIM.CO, BALIKPAPAN - Dinas Kesehatan Kota Balikpapan meluncurkan program vaksinasi anti kanker leher rahim (serviks) pada Peringatan Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-58 yang diselenggarakan di Halaman Balai Kota Balikpapan pada Sabtu (12/11/2022) pagi.

Program ini merupakan program yang dicanangkan Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI, yang mana rencananya akan diimplementasikan pada tahun 2023 mendatang.

Namun demikian, Pemkot Balikpapan melalui Dinkes berinisiatif untuk memulai hal ini terlebih dahulu. Program ini tentunya akan dilanjutkan kembali pada implementasi program Kemenkes di tahun 2023 mendatang.

Baca juga: Pemkot Balikpapan Beri Penghargaan dan Resmikan Fasilitas Pelayanan Kesehatan Baru pada HKN 2022

"Karena, memang kasus kanker leher rahim pada usia produktif di Indonesia ini memang meningkat. Hal ini sangat disayangkan karena melihat usia mereka yang relatif masih muda dan produktif tetapi sudah terkena penyakit ini, selain berbiaya besar, kelangsungannya lama, dan tentunya juga menyebabkan kematian," terang Andi Sri Juliarty, Kepala Dinkes Kota Balikpapan usai mengikuti prosesi upacara peringatan HKN 2022.

"Sehingga, penyakit ini menjadi penyakit prioritas yang perlu dicegah secara nasional," tambahnya.

Kota Balikpapan mendahului program Kemenkes RI, dikarenakan nantinya para remaja yang sudah divaksin lebih dulu hari ini akan menjadi duta sosialisasi program vaksinasi atau imunisasi anti kanker serviks kedepannya.

Baca juga: Rahmad Masud Sampaikan Pesan Menkes RI Untuk Insan Kesehatan pada Upacara Peringatan HKN ke-58

"Ketika tahun depan program ini berjalan, masyarakat bisa menerima informasi terkait hal ini lebih awal," tutur wanita yang akrab disapa Dio ini.

Adapun, anggaran awal yang dialokasikan untuk menjalankan program ini terlebih dahulu adalah menggunakan APBD. Sementara, anggaran yang dialokasikan untuk tahun mendatang melalui program Kemenkes RI berasal dari pemerintah pusat atau APBN.

"Anggaran program vaksinasi anti kanker leher rahim yang dilakukan tahun depan akan menggunakan APBN, tetapi dua hingga tiga bulan ini Pemkot Balikpapan menggunakan APBD untuk menciptakan duta dan mensosialisasikan program ini kepada masyarakat," paparnya.

Baca juga: Event Pesta di Timur Dongkrak Musisi Lokal Balikpapan untuk Berkarya

Vaksinasi yang dilakukan pada gelaran upacara peringatan HKN 2022 di Halaman Balai Kota Balikpapan ini didampingi ketua tim maternal perinatal atau dokter spesialis kandungan dan juga perwakilan ikatan dokter ahli anak Indonesia yang sekaligus sebagai ketua kipi (kejadian ikutan pasca imunisasi).

"Di tahap awal ini kita akan melakukan vaksinasi pada 283 remaja putri, yang usianya berkisar mulai 10 sampai 14 tahun," tandas Dio. (*)

Sumber: Tribun Kaltim
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved