Berita Pemkot Samarinda

Tanggulangi Inflasi, Pemkot Samarinda Salurkan Bansos Sekaligus Luncurkan E-Warung KUBE

Pemerintah Kota Samarinda dalam hal ini Dinas Sosial Kota Samarinda, menyerahkan ATM Bantuan Sosial (Bansos)

Penulis: Sarikatunnisa | Editor: Samir Paturusi
TRIBUNKALTIM.CO/SARIKATUNNISA
Walikota Samarinda, Andi Harun launching E-WARUNG KUBE di Taman Odah Bebaya, Jalan Perniagaan Samarinda Kalimantan Timur, Senin (21/11/2022).TRIBUNKALTIM.CO/SARIKATUNNISA 

TRIBUNKALTIM.CO, SAMARINDA- Pemerintah Kota Samarinda dalam hal ini Dinas Sosial Kota Samarinda, menyerahkan ATM Bantuan Sosial (Bansos) kepada rumah tangga penerima manfaat sekaligus luncurkan E-Warung KUBE.

Serah terima secara simbolis sekaligus launching program tersebut dilakukan oleh Walikota Samarinda, Andi Harun di Taman Odah Bebaya, Jalan Perniagaan Samarinda Kalimantan Timur, Senin (21/11/2022).

Penyaluran Bansos itu merupakan bagian dari upaya pengendalian inflasi yang telah dirancang oleh Pemkot Samarinda beberapa waktu lalu.

"Sebelumnya bahwa APBD Kota Samarinda mengalokasikan anggaran dua persen bersumber dari DTU (Dana Transfer Umum) 16,5 miliar dan Dana Insentif Daerah 19 miliar," ujar Andi Harun.

Baca juga: DPRD dan Pemkot Samarinda Maksimalkan PAD dari PBB dan Pemanfaatan GOR Segiri

Baca juga: Pemkot Samarinda Cari Peluang Investasi dari Wisata Susur Sungai Mahakam

"Sebagian itu diberikan untuk bantuan tunai kepada kelompok 2 penerima, ada juga pengalokasian dalam bentuk penerimaan kartu virtual account," sambungnya.

Kemudian masyarakat penerima bantuan membelanjakan dana Bansos yang diberikan melalui virtual account itu di E-Warung KUBE yang juga telah diluncurkan.

Ini dimaksudkan agar transaksi secara digital tidak hanya dilakukan oleh kalangan menengah ke atas saja, tetapi semua kalangan.

Baca juga: Evaluasi Operasi Pasar Murah, Komisi II DPRD Minta Pemkot Samarinda Sesuaikan Pemilihan Lokasi

Serta melalui transaksi virtual diharapkan terjadi keterbukaan keuangan dan tidak ada muncul beban biaya tambahan lain diluar yang semestinya.

"Ini akan dilaksanakan secara keseluruh di 27 E-Warung KUBE, di seluruh Samarinda," pungkas Andi Harun. (*)

 

Sumber: Tribun Kaltim
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved