Virus Corona di Balikpapan

Beri Perlindungan pada Kelompok Rentan, Vaksin Covid-19 Booster Kedua Mulai Diberikan pada Lansia

Capaian vaksinasi booster Covid-19 digenjot seiring dengan peningkatan kasus terkonfirmasi positif yang sempat mengalami peningkatan beberapa waktu te

TRIBUNKALTIM.CO/DWI ARDIANTO
Ilustrasi pelaksanaan vaksinasi Covid-19 kepada lansia di Kota Balikpapan. TRIBUNKALTIM.CO/DWI ARDIANTO 

TRIBUNKALTIM.CO, BALIKPAPAN - Capaian vaksinasi booster Covid-19 digenjot seiring dengan peningkatan kasus terkonfirmasi positif yang sempat mengalami peningkatan beberapa waktu terakhir di Balikpapan.

Terbaru, Kementerian Kesehatan RI telah mengizinkan pemberian vaksinasi booster Covid-19 dosis kedua atau suntikan vaksin keempat yang diperuntukkan kepada lansia berusia di atas 60 tahun.

Dilansir dari laman resmi Kemenkes RI, kebijakan ini tercantum dalam Surat Edaran Nomor HK.02.02/C/5565/2022 tentang Vaksinasi Covid-19 Dosis Booster ke-2 bagi Kelompok Lanjut Usia.

Kebijakan tersebut berlaku efektif sejak ditetapkan oleh Direktur Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit, Maxi Rein Rondonuwu pada tanggal 22 November 2022 lalu.

Hal ini dilakukan dengan maksud untuk memberikan perlindungan tambahan terhadap kelompok rentan, untuk mengurangi tingkat keparahan, bahkan kematian akibat Covid-19.

Baca juga: Telah Dibuka, Pelayanan Vaksinasi Covid-19 Dosis 4 di Bontang Hanya untuk Lansia

Upaya ini juga dilakukan Kemenkes RI untuk mendorong Pemerintah Daerah dan fasilitas pelayanan kesehatan (fasyankes) penyelenggara vaksinasi baik pemerintah maupun swasta untuk melakukan vaksinasi Covid-19 booster kedua bagi lansia.

Di tingkat daerah, Juru Bicara Satgas Covid-19 Kota Balikpapan, Andi Sri Juliarty membenarkan hal tersebut. Vaksinasi Covid-19 booster kedua ini tak lagi hanya ditujukan kepada tenaga kesehatan (Nakes) saja.

“Selain Nakes, saat ini Lansia sudah bisa mendapatkan Booster kedua (suntikan keempat vaksinasi Covid-19),” ucapnya dikutip pada Kamis (24/11/2022).

Wanita yang juga menjabat sebagai Kepala Dinas Kesehatan Kota Balikpapan ini mengungkapkan, mekanisme tahapan vaksinasi Covid-19 booster kedua bagi masyarakat lansia ini tercantum pada aplikasi PeduliLindungi yang dimiliki.

Baca juga: Kasus Positif Covid-19 di Penajam Paser Utara Capai 57 Orang, Kadinkes Imbau Taati Prokes

“Bisa dicek di aplikasi PeduliLindungi, lansianya akan mendapat undangan vaksinasi berupa e-tiket booster kedua,” ujarnya.

Kategori lansia yang sudah berusia di atas 60 tahun, namun belum terdaftar dalam aplikasi PeduliLindungi atau belum memiliki e-tiket yang dimaksud, maka belum bisa menerima vaksinasi Covid-19 booster kedua.

“Jika belum ada e-tiket seperti itu, berarti belum terbuka aplikasinya, sehingga belum bisa diinput oleh petugas (vaksin),” tuturnya.

Adapun vaksinasi Covid-19 booster kedua untuk lansia ini bisa diberikan sekurang-kurangnya enam bulan sejak booster pertama diberikan.

Baca juga: Terbaru, Kasus Covid-19 di Kaltim, Balikpapan Sumbang Angka Positif dan Kesembuhan Tertinggi

“Hari ini kami umumkan kepada fasyankes, silakan kepada lansia yang sudah memiliki e-tiket (vaksinasi Covid-19 booster kedua) pada aplikasi PeduliLindungi-nya bisa segera menuju Puskesmas yang membuka pelayanan vaksinasi Covid-19 hari ini juga,” tuturnya. (*)

Sumber: Tribun Kaltim
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved