Piala Dunia 2022

7 Skenario Lolos 16 Besar Piala Dunia 2022 Jika Timnas Punya Poin Sama, Berakhir dengan Undian

Inilah perhitungan poin Piala Dunia 2022, bagaimana skenario agar lolos babak 16 besar jika di fase grup terakhir tim memiliki poin yang sama?

Google
Sengitnya klasemen Grup C Piala Dunia 2022 sementara, bisa berakhir dengan poin sama. Begini skenario lolos 16 besar jika punya poin sama. 

TRIBUNKALTIM.CO - Inilah perhitungan poin Piala Dunia 2022, bagaimana skenario agar lolos babak 16 besar jika di fase grup terakhir tim memiliki poin yang sama?

Banyak dari pertandingan fase grup Piala Dunia 2022 menunjukkan hasil yang mengejutkan, hal tersebut membuat klasemen grup tentu menjadi lebih sengit.

Bagaimana menentukan siapa yang akan lolos babak 16 besar Piala Dunia 2022 jika ternyata dalam satu grup tersebut memiliki poin yang sama?

Untuk diketahui, babak fase grup Piala Dunia 2022 akan melihat setiap negara (Grup A-H) bersaing dalam tiga pertandingan untuk menentukan 2 tim yang akan maju dari setiap grup ke Babak 16 Besar, yang dimulai 3 Desember.

Kemudian, tim yang tersisa kemudian akan berhadapan di perempat final dari 9 hingga 12 Desember, dengan empat negara teratas maju ke semifinal dan kesempatan untuk mengklaim tempat yang didambakan di final Piala Dunia pada 18 Desember.

Baca juga: Terobosan Baru Jersey Timnas Portugal Piala Dunia 2022 Gagal, Banjir Kritik dan Jadi Jersey Terburuk

Saat ini Piala Dunia 2022 telah menginjak laga kedua menuju laga pamungkas fase grup dan melihat siapa yang telah lolos babak 16 besar.

Penentuan utama siapa yang lolos ke babak 16 besar Piala Dunia 2022 tentu dilihat dari jumlah poin tertinggi dari grup tersebut.

Grup C Piala Dunia 2022 adalah salah satu grup yang diprediksi tim-tim di dalamnya akan berakhir dengan poin yang sama.

Namun, FIFA telah menentukan kriteria tiebreak apabila ada satu atau lebih tim yang memiliki poin sama.

Setidaknya, ada 7 skenario dalam penentuan siapa yang lolos ke babak 16 besar Piala Dunia 2022 jika berakhir punya poin sama.

Baca juga: Daftar Juara Piala Dunia dari Masa ke Masa, Jerman Susah Payah Kejar Torehan Brasil di Qatar 2022

Berikut rinciannya yang dikutip dari laman SI.

1. Selisih gol

Jika dua atau lebih tim mengakhiri penyisihan grup dengan total poin yang sama, ofisial akan memutuskan tim dengan selisih gol terbesar berdasarkan gol yang dicetak di pertandingan masing-masing.

Jika tim tetap imbang setelah kriteria ini, keputusan akan dibuat dengan menggunakan aturan selanjutnya.

Halaman
123
Sumber: Tribun Kaltim
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved