Berita Kutim Terkini

Bupati Kutim Laporkan Pilkades Berlangsung Aman dan Kondusif ke Mendagri

Bupati Kutai Timur (Kutim), Ardiansyah Sulaiman melaporkan, pelaksanaan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) Serentak kepada pemerintah

Penulis: Syifaul Mirfaqo | Editor: Samir Paturusi
TRIBUNKALTIM.CO/SYIFA'UL MIRFAQO
Bupati Ardiansyah Sulaiman melaporkan terkait pelaksanaan Pilkades di Kutim kepada Direktorat Jenderal Bina Pemerintahan Desa (Ditjen Bina Pemdes) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) RI melalui zoom meeting. TRIBUNKALTIM.CO/SYIFA'UL MIRFAQO 

TRIBUNKALTIM.CO, SANGATTA- Bupati Kutai Timur (Kutim), Ardiansyah Sulaiman melaporkan, pelaksanaan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) Serentak  kepada pemerintah pusat.

Orang nomor satu di Kutim tersebut melaporkan kepada Direktorat Jenderal Bina Pemerintahan Desa (Ditjen Bina Pemdes) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) RI melalui zoom meeting (online) terkait pelaksanaan Pilkades.

Dirinya menjelaskan bahwa tahapan Pilkades di Kabupaten Kutim telah dimulai tahapannya sejak Juni 2022 lalu dan setelah berbagai tahapan telah dilalui dan telah dilaksanakan sebagaimana mestinya.

"Maka pada hari ini Senin 5 Desember 2022 memasuki tahapan krusial, yakni tahapan pemungutan suara dan perhitungan suara yang dilakukan secara serentak pada 77 desa," ujarnya.

Baca juga: Bupati Ardiansyah Sulaiman Tinjau Pilkades Serentak 77 Desa di 17 Kecamatan Kutim

Baca juga: Banyak Calon Petahana Tumbang Pada Pilkades Serentak di Paser, Masih Tunggu Hasil Rekapitulas

Adapun kesiapan yang telah dilakukan dalam rangka pelaksanaan Pilkades serentak di Kabupaten Kutim, bahwa telah ada regulasi tingkat daerah yang sejalan dengan Peraturan Mendagri yang mengatur tentang pemilihan Kepala Desa.

"Tahapan-tahapan Pilkades yang dimulai tahapan persiapan, pencalonan dan sampai tahapan saat ini, telah dilaksanakan sesuai dengan jadwal Pilkades Serentak di Kabupaten Kutai Timur dan ketentuan perundang-undagan yang berlaku," ujarnya.

Selanjutnya, telah dilaksanakan rapat koordinasi dan evaluasi kesiapan dalam rangka pelaksanaan pemungutan dan perhitungan suara Pilkades Serentak 2022.

Turut melibatkan unsur Forkopimda dan Instansi terkait yang tergabung dalam panitia pemilihan tingkat kabupaten, serta unsur sub kepanitiaan kecamatan.

Selain itu, pembekalan bagi unsur penyelenggara di tingkat desa telah dilakukan yaitu panitia pemilihan desa dan kelompok penyelenggara pemungutan suara (KPPS), maupun sub kepanitiaan kecamatan dalam rangka pelaksanaan Pilkades serentak tahun 2022.

"Penyediaan dan distribusi peralatan/perlengkapan pemungutan dan perhitungan suara Pilkades pada 77 desa dilakukan sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan," ucapnya.

Kemudian, pengaturan jumlah pemilih di Tempat Pemungutan Suara (TPS) Pilkades telah sesuai dengan Surat Edaran (SE) Mendagri nomor 141/6698/SJ, tentang jumlah pemilih di TPS Pilkades serentak di era Covid-19 yakni sebanyak 500 pemilih di setiap TPS.

Baca juga: 648 Personel Gabungan Dikerahkan untuk Amankan Pilkades Serentak di Kabupaten Paser

Adapun data Pilkades serentak di Kabupaten Kutim tahun 2022 yakni rekapitulasi Calon Kepala Desa sebanyak 243 orang, Daftar Pemilih Tetap (DPT) sebanyak 133.891 pemilu dan jumlah TPS 326.

"Terkait keamanan dan ketertiban secara umum pada 77 desa yang melaksanakan Pilkades serentak di Kabupaten Kutim tahun 2022 sampai saat ini berjalan aman dan kondusif," ujarnya. (*)

 

 

Sumber: Tribun Kaltim
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved