IKN Nusantara

Jadi Lokasi IKN Nusantara Bersama Penajam, 4 Kecamatan di Kukar Dapat Berkahnya

Jadi lokasi IKN Nusantara bersama Penajam Paser Utara, 4 kecamatan di Kutai Kartanegara dapat berkahnya

TRIBUNKALTIM.CO - Pembangunan Ibu Kota Nusantara atau IKN Nusantara, memberikan dampak positif bagi daerah-daerah sekitarnya di Kalimantan Timur.

Termasuk Kutai Kartanegara, yang menjadi lokasi IKN Nusantara bersama Kabupaten Penajam Paser Utara.

Meski tak berada di Kawasan Inti Pusat Pemerintahan (KIPP), beberapa kecamatan di Kutai Kartanegara akan merasakan dampak langsungnya.

Empat Kecamatan di wilayah pesisir Kutai Kartanegara, bakal menjadi sentra industri berkat pembangunan Ibu Kota Nusantara.

Baca juga: Berkat IKN Nusantara, Korea Berminat Investasi Bangun Jembatan Tol Teluk Balikpapan

Ketua Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) Kutai Kartanegara, Muhanda mengatakan, empat kecamatan tersebut ialah Samboja, Muara Jawa, Anggana, dan Muara Badak.

"Di sana akan banyak berdiri pabrik karena lokasinya sangat mendukung jalur distribusi atau suplai bahan baku melalui jalur laut,” ujarnya, Rabu (7/12/2022).

Pembangunan IKN, kata Muhanda, juga akan mendorong pertumbuhan ekonomi masyarakat di daerah penyangga.

Pembangunan konstruksi secara masif misalnya, dinilai membuka kran investasi infrastruktur yang akan menciptakan lapangan kerja baru.

Proyek nasional yang sedang berlangsung pembangunannya itu juga akan meningkatkan konsumsi dan output lintas sektor, terutama kesempatan bisnis bagi para pelaku UMKM.

Menurutnya, pembangunan IKN tidak hanya memajukan pengusaha lokal di wilayah Kalimantan Timur, tetapi juga akan berdampak terhadap Provinsi lain di pulau Kalimantan.

"Ini membuat dampak positif terhadap permintaan kebutuhan properti, baik itu ruko maupun rumah tinggal yang bakal mengalami peningkatan," kata Muhanda.

Apindo Kukar optimis, pembangunan IKN di Kalimantan Timur memiliki nilai strategis terhadap upaya pemerataan pembangunan di luar Jawa.

Menurut Muhanda, infrastruktur yang saat ini menjadi fokus utama pembangunan oleh pemerintah bakal berdampak nyata bagi mobilitas publik.

Terutama dalam kegiatan distribusi barang yang menjadi salah satu faktor penggenjot pembangunan sektor ekonomi masyarakat Kalimantan Timur.

Halaman
12
Sumber: Tribun Kaltim
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved