Berita Penajam Terkini

Gaji Tenaga Honorer di Penajam Paser Utara Naik Tahun 2023 

Gaji tenaga honorer atau Tenaga Harian Lepas (THL) di Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) diisyaratkan mengalami kenaikan pada 2023.

Penulis: Nita Rahayu | Editor: Aris
HO
Honorer di PPU akan mendapat kenaikan gaji. (HO) 

TRIBUNKALTIM.CO, PENAJAM - Gaji tenaga honorer atau Tenaga Harian Lepas (THL) di Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) diisyaratkan mengalami kenaikan pada 2023.

Hal itu seperti yang disampaikan Bupati PPU Hamdam, kepada TribunKaltim.co.

Hamdam menjelaskan, kenaikan gaji honorer akan dipastikan sesuai dengan kemampuan anggaran daerah.

Kenaikan yang direncanakan ini kata Hamdam, besarannya tidak akan sama dengan kenaikan sebelumnya, yang terkesan dipaksakan.

Baca juga: Update Covid-19 Penajam Paser Utara, Kecamatan Waru Sudah Zona Hijau

Sehingga, dalam perjalannya harus mengalami penyesuaian, lantaran anggaran daerah tidak mampu mengakomodir seluruhnya.

"Kenaikan gaji honorer ini secara rasional, karena kita tidak mau mengalami persoalan yang lalu, terlalu emosional menaikkan ternyata kita tidak punya kemampuan anggaran," ungkapnya pada Jumat (9/12/2022).

Para tenaga honorer atau THL yang akan mendapatkan kenaikan gaji, tidak hanya dari pemerintahan, tetapi juga untuk guru, baik guru mengaji, guru paud, dan lainnya.

Baca juga: Cuaca Hari ini Kabupaten Penajam Paser Utara, 4 Kecamatan Cerah Sepanjang Hari

Belum dipastikan berapa besaran kenaikan gaji yang akan diterima tenaga honorer, namun Hamdam mengungkapkan, belum bisa mengikuti besaran UMK yang nilainya mencapai Rp3,5 juta.

"Ada upaya kita menaikan, besarannya secara jelas ada pada TAPD, yang jelas saya sudah instruksikan supaya dinaikkan," pungkasnya.

Diketahui, besaran gaji tenaga honorer di PPU pernah mencapai Rp3,4 juta pada 2021. Namun karena terjadi defisit, maka diturunkan menjadi Rp2 jutaan pada 2022 ini. (*)

Sumber: Tribun Kaltim
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved