Berita Kaltim Terkini

BI Kaltim Beberkan Dukungan Program Pengembangan UMKM di 2022

Perwakilan Bank Indonesia (BI) Kalimantan Timur membeberkan dukungan program-program pengembangan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) pada tahun 2022.

HO/BI Kaltim
Kepala Perwakilan Bank Indonesia (BI) Kaltim, Ricky Perdana Gozali memberikan bantuan melalui Program Sosial Bank Indonesia (PSBI) untuk meningkatkan kapasitas ekonomi UMKM. HO/BI Kaltim 

TRIBUNKALTIM.CO, SAMARINDA - Perwakilan Bank Indonesia (BI) Kalimantan Timur membeberkan dukungan program-program pengembangan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) pada tahun 2022.

Kepala Perwakilan BI Provinsi Kalimantan Timur, Ricky Perdana Gozali membeberkan mendukung target UMKM Go Digital, pihaknya juga melaksanakan pengembangan UMKM digital melalui 5 area pengembangan, yaitu SDM & Kelembagaan, Keuangan, Produksi dan Pemasaran.

"Pemanfaatan digitalisasi dalam sistem pembayaran dan pencatatan keuangan membantu UMKM untuk membentuk rekam jejak dan profil kredit yang baik sehingga memudahkan UMKM untuk dapat mengakses pembiayaan dari lembaga keuangan formal," tutur Ricky dalam sambutan acara ”Kaltim Paradise of The East”, Jumat (9/12/2022) di Big Mall Samarinda.

Dalam hal akses Pembiayaan, lanjut Ricky, pelaksanaan business matching telah membantu UMKM binaan KPwBI Kaltim hingga mendapatkan kredit senilai lebih dari Rp 2,1 Miliar.

Baca juga: BI Kaltim Sebut IKN Nusantara Jadi Tantangan UMKM Menangkap Peluang Bisnis dan Penggerak Ekonomi

"Pengembangan kapasitas dan pendampingan bagi setidaknya 158 UMKM yang terdiri dari UMKM subsisten, pendukung pariwisata dan ekspor serta dan produsen komoditas inflasi pangan (volatile food)," ujarnya.

Selain itu, melalui sinergi dan silaturahim dengan BAZNAS, pemberdayaan ekonomi syariah di akhir tahun yang baik, juga didorong melalui zakat community development untuk pondok pesantren binaan di Kutai Barat senilai Rp 500 Juta.

"Acara ini juga menghadirkan rangkaian pengembangan kapasitas bagi UMKM untuk dapat naik kelas go digital dan go expor serta meningkatkan akses pemasaran melalui kegiatan showcasing sehingga terwujud UMKM yang Berkapasitas, Berkualitas dan Naik Kelas," tuturnya.

Baca juga: UMP Kaltim 2023, BI Kaltim Optimis akan Berdampak Baik ke Ekonomi Masyarakat

Beri Bantuan ke UMKM untuk Tingkatkan Kapasitas Ekonomi

Dalam rangka meningkatkan kapasitas ekonomi UMKM, Bank Indonesia (BI) juga memberikan bantuan melalui Program Sosial Bank Indonesia (PSBI) dalam bentuk sarana dan prasarana pendukung.

"Pada kesempatan kali ini, kami menyerahkan 3 (tiga) PSBI kepada UMKM pendukung pariwisata dan ekspor," kata Ricky Perdana Gozali, Kepala Perwakilan BI Kaltim.

Pertama, kepada Kelompok usaha Batik Kalland Project.

Kedua, kelompok UMKM kopi dan ketiga untuk UMKM pengrajin lidi nipah.

Baca juga: BI Kaltim Sebut Sektor Pariwisata dan UMKM Menjadi Sumber Perekonomian Non-SDA Kaltim

Ketiga bantuan tersebut diberikan dalam bentuk peralatan hilirisasi produksi untuk meningkatkan nilai jual dan kapasitas produksi UMKM.

"Melalui acara ini juga kami mengajak Bapak dan Ibu untuk terus menggunakan produk UMKM dalam negeri, terkhusus produk dari Kaltim," ujarnya saat memberi sambutan.

Menurut Ricky, menggunakan produk lokal berkualitas maka seluruh stakeholder dan masyarakat Kaltim juga turut menjadi pahlawan kebangkitan perekonomian negara dengan mendorong UMKM lokal untuk go nasional dan go global. (*)

Sumber: Tribun Kaltim
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved