Kunjungi Pupuk Kaltim, Puluhan Mahasiswa STITEK Bontang Belajar Tata Kelola Lingkungan dan K3

Manajemen Pupuk Kaltim menerima kunjungan industri ke perusahaan puluhan mahasiswa program studi Teknik Informatika Sekolah Tinggi Teknologi Bontang.

Editor: Diah Anggraeni
HO/Pupuk Kaltim
Manajemen Pupuk Kaltim saat menerima kunjungan industri ke perusahaan puluhan mahasiswa program studi Teknik Informatika Sekolah Tinggi Teknologi Bontang, Selasa (10/1/2023). 

TRIBUNKALTIM.CO - Puluhan mahasiswa program studi Teknik Informatika Sekolah Tinggi Teknologi (STITEK) Bontang timba pengetahuan di PT Pupuk Kalimantan Timur (Pupuk Kaltim) melalui kunjungan industri ke perusahaan.

Rombongan diterima Manajemen Pupuk Kaltim di Ruang Pirus Hotel Grand Equator, Selasa (10/1/2023).

Ketua Prodi Informatika Stitek Abadi Nugroho, mengungkapkan kunjungan kali ini untuk mengenal lebih jauh dunia industri yang ada di Kota Bontang, khususnya yang berkaitan langsung dengan terapan ilmu para mahasiswa.

Baca juga: Dukung Implementasi RWP, Pupuk Kaltim Komitmen Wujudkan Lingkungan Kerja Aman Tanpa Diskriminasi

Selain juga upaya meningkatkan pengetahuan dan pemahaman para mahasiswa dengan melihat langsung aktivitas industri, baik dari implementasi Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3) maupun tata kelola lingkungan yang dilaksanakan Pupuk Kaltim.

"Hal ini berkaitan dengan mata kuliah dari program studi yang ada di STITEK, sebagai bentuk pengembangan keilmuan baik dalam bidang riset maupun sumberdaya lainnya. Maka dari itu, kedatangan kami untuk belajar terkait implementasi tersebut di Pupuk Kaltim," ucap Abadi.

Melalui kunjungan ini para mahasiswa dapat meningkatkan pemahaman dan pengetahuan tata kelola industri oleh Pupuk Kaltim, sebagai bekal penyelesaian tugas akhir yang dapat mendukung implementasi keilmuan pada tataran praktis pasca pendidikan.

Pupuk Kaltim sengaja menjadi salah satu destinasi utama pembelajaran, karena dinilai memiliki konstruksi keilmuan yang paling konkret dan lengkap.

Selain itu, banyaknya capaian yang diraih Perusahaan turut mendasari STITEK untuk mengenal lebih dekat terapan industri di Pupuk Kaltim.

"Untuk itu kami berharap dukungan Pupuk Kaltim dalam mendorong pengembangan keilmuan para mahasiswa terkait dunia industri, sehingga kedepan mampu berkontribusi siginifikan dalam pembangunan Kota Bontang," tambah Abadi.

Baca juga: Tingkatkan Efektivitas Kinerja dan Implementasi Industri 4.0, Pupuk Kaltim Bangun Command Center BOD

SVP Operasi 1 Pupuk Kaltim, Majus Luther Sirait menyambut positif kunjungan para mahasiswa STITEK Bontang, untuk menimba pengetahuan dan mengenal lebih jauh aktivitas industri di Pupuk Kaltim.

Dikatakannya, Pupuk Kaltim sebagai bagian dari perusahaan BUMN senantiasa terbuka bagi seluruh pihak yang ingin belajar tata kelola industri pada tataran praktis, maupun hal lain yang bersifat keilmuan sebagai bentuk dukungan perusahaan terhadap pengembangan kapasitas sumberdaya manusia yang mumpuni dan kompeten.

"Begitu juga dengan kunjungan industri dari STITEK Bontang kali ini, dapat menjadi bekal tambahan para mahasiswa untuk meningkatkan pengetahuan dan pemahaman terkait bidang keilmuan yang dipelajari. Pupuk Kaltim sangat mendukung optimalisasi pendidikan generasi, dengan memberikan kesempatan menimba ilmu di perusahaan," tutur Luther.

Dijelaskannya, Pupuk Kaltim senantiasa peduli dengan tata kelola lingkungan hingga masyarakat dalam menjalankan bisnis secara bertanggung jawab.

Berbagai komitmen yang telah direalisasikan Pupuk Kaltim di bidang lingkungan hingga kawasan sekitar, terus dijalankan dan ditingkatkan sesuai koridor Environment, Social and Governance (ESG) sebagai acuan utama perusahaan dalam mendorong keberlanjutan.

"Komitmen tata kelola lingkungan dan pemberdayaan masyarakat dalam menjalankan aktivitas bisnis menjadi salah satu fokus utama Pupuk Kaltim, yang disikapi melalui berbagai kebijakan dan program strategis dengan beragam peningkatan serta perbaikan setiap tahun," lanjut Luther.

Baca juga: Konsisten Terapkan Konsep Ramah Lingkungan, Pelabuhan Pupuk Kaltim Raih Green Port Award 2022

Begitu juga dalam aktivitas produksi, Pupuk Kaltim berkomitmen menjalankan aspek K3 dalam secara konsisten dan berkesinambungan, sebagai wujud kepatuhan terhadap aturan dengan evaluasi dan pengembangan secara berkala.

Seluruh insan perusahaan pun didorong untuk meningkatkan budaya K3 dalam aktivitas harian, sekaligus berpartisipasi aktif dalam menekan potensi risiko di lingkungan kerja untuk kegiatan yang sifatnya unsafe action, unsafe condition maupun yang berpotensi menimbulkan near miss.

"Pasca tantangan Covid-19, Pupuk Kaltim terus menjaga semangat dalam mewujudkan kinerja optimal untuk menjadi perusahaan agrokimia yang tumbuh dan berkelanjutan, sehingga kedepan dapat terus meningkatkan kontribusi terbaik bagi bangsa dan negara," pungkas Luther. (*)

Sumber: Tribun Kaltim
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved