Berita Samarinda Terkini

Gudang Milik KPU Samarinda Terbakar, Firman Hidayat: Semua Dokumen Aman

Sebelumnya masyarakat sempat dihebohkan dengan adanya kepulan asap dari salah satu ruang bilik yang berada di Gelanggang Olahraga (GOR) Segiri.

Penulis: Rita Lavenia | Editor: Rahmad Taufiq
TRIBUNKALTIM.CO/RITA LAVENIA
Kondisi gudang penyimpanan dokumen KPU Samarinda pasca terbakar. TRIBUNKALTIM.CO/RITA LAVENIA 

TRIBUNKALTIM.CO, SAMARINDA - Sebelumnya masyarakat sempat dihebohkan dengan adanya kepulan asap dari salah satu ruang bilik yang berada di Gelanggang Olahraga (GOR) Segiri.

Rupanya bilik yang terbakar pada Selasa (24/1/2023) pukul 14.30 Wita kemarin itu, merupakan gudang penyimpanan logistik Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Samarinda.

Ketua KPU Samarinda Firman Hidayat menerangkan gudang tersebut merupakan tempat penyimpanan kepemiluan dan pemilihan daerah.

"Jadi itu gudang logistik Pemilu pada tahun 2014 lalu, dominannya gudang dokumen untuk pilgub (pilihan gubernur) 2018," jelasnya saat dikonfirmasi Rabu (25/1/2023).

Ia menegaskan tidak ada berkas yang terbakar meski ada sebagian kotak suara yang sisinya terbakar.

Baca juga: KPU Samarinda Bakal Lantik Anggota Panitia Pemungutan Suara Terpilih pada 24 Januari 2023 Mendatang

"Mayoritas kardus yang terbakar. Ada juga yang rusak karena proses pemadaman," tuturnya.

Terkait keamanan ia memastikan tidak ada yang bisa masuk sebab kunci gudang tersebut aman di tangan mereka.

"Gudangnya juga ditutup pakai teralis. Kami rasa itu aman. Terkait kabel-kabelnya informasi staf aman, tidak ada kabel usang," ujarnya.

Firman menambahkan tidak ada kerugian sebab kotak-kotak pemilu tersebut telah dilelang.

"Yang penting bagi kami itu dokumennya. Untung tidak ada yang terbakar. Rencana ke depan semua dokumen akan kami pindahkan ke gudang logistik KPU yang ada di Jalan Antasari," tuturnya.

Baca juga: KPU Samarinda Uji Publik Rancangan Penataan Dapil dan Alokasi Kursi DPRD

Untuk penyebab kebakarannya sendiri, Kapolresta Samarinda menjelaskan dari hasil penyelidikan ternyata api berasal dari aktivitas bermain anak-anak sekitar.

Di mana kala itu sekelompok anak tengah asyik bermain bakar-bakaran yang secara tidak sengaja merembet ke dalam bilik dan dengan cepat membakar bahan mudah terbakar di dalam gudang tersebut.

"Kami sudah memeriksa 3 saksi terkait ini. Jadi bukan korsleting listrik, tapi ada anak-anak bakar plastik di sana. Tapi masih kami dalami lagi," ucap Kapolres Samarinda, Kombes Pol Ary Fadli. (*)

Sumber: Tribun Kaltim
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved