Berita Paser Terkini

Cegah Kebakaran Serupa di Lapas Tangerang, Rutan Tanah Grogot Rutin Cek Apar dan Instalasi Listrik

AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Petugas Rumah Tahanan (Rutan) Kelas IIB Tanah Grogot, melakukan deteksi dini pencegahan dan pemeriksaan sarana dan prasarana di lingkungan Rutan, sebagai antisipasi terjadinya kebakaran di lingkungan Rutan, Kamis (9/9/2021). TRIBUNKALTIM.CO/SYAIFULLAH IBRAHIM

TRIBUNKALTIM.CO, TANA PASER - Beberapa waktu lalu, tepatnya pada Rabu (8/9/2021) pukul 01.45 dini hari, Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas I Kota Tangerang mengalami kebakaran yang menewaskan 41 naripadana.

Berkaca dari insiden tersebut, Rumah Tahanan (Rutan) Kelas IIB Tanah Grogot langsung bereaksi melakukan deteksi dini pencegahan dan pemeriksaan sarana dan prasarana di lingkungan Rutan.

Salah satu yang menjadi perhatian petugas Rutan yaitu instalasi listrik di blok hunian maupun lingkungan kantor.

"Terjadinya peristiwa kebakaran pada Lapas Kelas I Tangerang, menjadi kabar duka mendalam bagi seluruh insan pemasyarakatan dan untuk kita semua," kata Karutan Kelas IIB Tanah Grogot, Doni Handriansyah, Kamis (9/9/2021).

Tak lama setelah mendapat kabar tersebut, ia mengerahkan jajarannya untuk melakukan deteksi dini kembali dan melakukan pemeriksaan di semua titik vital.

Baca juga: NEWS VIDEO 41 Korban Kebakaran di Lapas Tangerang Sulit Diidentifikasi

Baca juga: Mantan Bupati Kutim Ismunandar Ditahan di Lapas Tangerang, KPK Sebut tak ada Korban Napi Korupsi

Baca juga: Kisah Napi Lapas Tangerang yang Selamat dari Kebakaran, Saling Injak Demi Selamatkan Diri

Selain itu, Doni Handriansyah juga memerintahkan jajaran keamanan Rutan, untukĀ  memastikan ketersediaan sarpras, seperti Pemadam Api Ringan (Apar) yang harus tersedia pada tempatnya dan dalam kondisi baik, jika sewaktu-waktu diperlukan.

Karutan juga mengingatkan seluruh petugas untuk selalu menjaga dan memantau sarana prasarana yang ada di sekitar blok hunian maupun lingkungan kantor.

"Petugas pengamanan bukan saja melakukan penjagaan di area blok hunian, memonitoring aktivitas dan kesehatan WBP, melainkan konsisten melakukan pemeriksaan sarana prasarana yang dapat memicu adanya gangguan Kamtib," ucapnya.

Hal senada juga dikatakan Kepala Kesatuan Pengamanan Rutan (KPR) Rutan Tanah Grogot, Achmad Zaki Al Hasni, dengan mengingatkan jajarannya untuk meningkatkan kepedulian pada sarana prasarana, khususnya yang ada di blok hunian.

"Tidak hanya kontrol hunian, lakukan juga pengecekan ketersediaan apar dan sarana prasarana lainnya. Ini menjadi tugas kita bersama," jelasnya.

Baca juga: Daftar Nama Korban Tewas Kebakaran Lapas Tangerang, Ada Dua WNA, Lengkap Call Center Kemenkumham

Dalam mencegah terjadinya kebakaran, Rutan Kelas IIB Tanah Grogot juga secara rutin melakukan monitoring instalasi listrik dan ketersediaan Apar, bekerja sama dengan PLN dan Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar) Kabupaten Paser. (*)

Berita Terkini