Pemilu 2024

Ridwan Kamil Teratas, Daftar 10 Tokoh yang Cocok Jadi Gubernur DKI Jakarta versi CSIS, Ada Gibran?

AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Gubernur DKI Jakarta, Ridwan Kamil. Daftar 10 tokoh yang dinilai cocok jadi Gubernur DKI Jakarta versi CSIS. Nama Ridwan Kamil menempati urutan teratas, ada Gibran dalam daftar tersebut?

TRIBUNKALTIM.CO - Popularitas Ridwan Kamil terus menanjak, bahkan nama pria yang kini menjabat sebagai Gubernur Jawa Barat ini masuk berbagai survei untuk maju di Pemilu. 

Bahkan nama Ridwan Kamil masuk survei bursa calon untuk Pemilihan Presiden ( Pilpres ) 2024 dan Pemilihan Gubernur ( Pilgub ) 2024 untuk dua daerah sekaligus yakni Jawa Barat dan DKI Jakarta.

Dalam survei, Ridwan Kamil disebut menjadi calon terkuat untuk cagub petahana di Pilgub Jawa Barat dan juga potensial menjadi Gubernur DKI Jakarta.

Menurut Centre for Strategic and International Studies ( CSIS ) nama Ridwan Kamil menempati urutan teratas untuk tokoh yang potensial menjadi Gubernur DKI Jakarta.

Pria yang akrab diakrab Kang Emil ini mengungguli sejumlah nama termasuk Wakil Gubernur DKI Jakarta saat ini, Ahmad Riza Patria dan Gibran Rakabuming Raka, Walikota Solo yang juga putra sulung Presiden Joko Widodo ( Jokowi ).

Senin (22/8/2022) dalam diskusi publik bertema"Apa yang Sepatutnya Dikerjakan 2 Tahun Penjabat Gubernur DKI Jakarta 2022-2024?" di Gedung DPRD DKI Jakarta, CSIS menyampaikan sepuluh nama tokoh parpol dan non-parpol yang dinilai cocok menjadi Gubernur DKI Jakarta selanjutnya.

Menurut Kepala Departemen Politik dan Sosial CSIS Arya Fernandez  ada 10 tokoh yang dinilai cocok untuk menjadi Gubernur DKI Jakarta.

Arya Fernandez mengatakan, sepuluh tokoh yang dinilai cocok menjadi Gubernur DKI Jakarta ini dipilih berdasarkan 11 variabel kompetensi.

Baca juga: Kata Ridwan Kamil Saat Didukung Tokoh Sunda untuk Maju Pilpres 2024, Survei Elektabilitas Kang Emil

Ada sejumlah variabel kompetensi yang diujikan kepada 10 nama itu, yakni kemampuan kognitif, perencanaan, dan lainnya.

"Dari nama-nama itu kemudian kami scoring ya.

Ada 11 indikator variabel yang kami uji, kemampuan kognitif, kemampuan perencanaan, kemampuan memimpin di saat krisis," katanya seperti dikutip TribunKaltim.co dari kompas.com

"Kemudian, dari kesebelas variabel itu kami tetapkan rata-ratanya (nilai)," sambung dia.

Kata Arya, penilaian berdasarkan 11 variabel kompetensi kepada 10 nama toloh itu dilakukan oleh ahli yang memahami isu Ibu Kota.

Berdasarkan data CSIS, berikut merupakan nama tokoh dan rata-rata nilai masing-masing yang diurutkan dari nilai terbesar-terkecil:

Halaman
1234

Berita Terkini