Triyono Budi Sasongko Gantikan Irianto Lambrie Jadi Pj Gubernur Kaltara

Triyono diangkat oleh Presiden RI Joko Widodo melalui Mendagri Tjahyo Kumolo berdasarkan sebuah Surat Keputusan.

Triyono Budi Sasongko Gantikan Irianto Lambrie Jadi Pj Gubernur Kaltara
TRIBUN KALTIM / M ARFAN
Kepala daerah se-Kaltara Gubernur, Bupati/Wali kota dan Ketua DPRD se-Kaltara berfoto bersama di tribun Lapangan Agathis usai upacara HUT Kaltara 22 April 2014 lalu. 

TRIBUNKALTIM.CO, TANJUNG SELOR – Siapa pengganti Irianto Lambrie sebagai Penjabat Gubernur Kalimantan Utara (Kaltara) akhirnya terjawab sudah.

Dia adalah Triyono Budi Sasongko, yang juga menjabat sebagai Sekretaris Utama Badan Nasional Pengelola Perbatasan (BNPP) Pusat.

Kepala Biro Pemerintahan Setprov Kaltara kepada TRIBUNKALTIM.CO membeberkan, Triyono diangkat oleh Presiden RI Joko Widodo melalui Mendagri Tjahyo Kumolo berdasarkan sebuah Surat Keputusan.

“Pengganti Pak Irianto Lambrie sebagai Pj Gubernur adalah Pak Triyono Budi Sasongko. Saya sendiri sudah melihat langsung SK-nya itu,” sebut Datu saat dihubungi melalui telepon selularnya, Rabu (22/4/2/2015). 

Datu juga menyebutkan, pelantikan Penjabat Gubernur baru akan dilaksanakan di Kantor Kemendagri.

Pengambilan sumpah pelantikan sendiri akan dipandu langsung oleh Mendagri Tjahyo Kumolo.

“Gladinya jam 12.00 siang nanti (WIB). Ada beberapa undangan, seperti Bupati/walikota se-Kaltara dan juga pejabat-pejabat Kaltim. Tetapi kami belum bisa mengkonfirmasi pasti siapa-siapa yang akan menghadiri pelantikan nanti sore,” ujarnya.

Seperti diketahui, Irianto Lambrie menjabat Penjabat Gubernur satu periode pada 22 April 2013 sampai 22 April 2014. Kemudian diperpanjang kembali pada 22 April 2014 hingga 22 April 2015.

Sesuai bunyi Pasal 8 ayat (2) Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2012 tentang Pembentukan Provinsi Kaltara, bahwasanya :“Sebelum Gubernur dan Wakil Gubernur definitif terpilih sebagai pimpinan penyelengara pemerintahan daerah, Presiden mengangkat Penjabat Gubernur dari PNS berdasarkan usul Mendagri dengan masa jabatan paling lama 1 (satu) tahun.

Dalam Pasal 8 ayat (4) dilanjutkan berbunyi: “Presiden dapat mengangkat kembali Penjabat Gubernur untuk 1 (satu) kali masa jabatan berikutnya paling lama 1 (satu tahun atau menggantinya dengan penjabat lain sesuai dengan peraturan perundang-undangan.

Dengan demikian, Triyono akan menjadi Penjabat Gubernur periode ketiga. Tugas tersebut akan ia emban hingga terpilih dan dilantiknya Gubernur definitif provinsi ke-34 di Indonesia ini. (*)

Penulis: Muhammad Arfan
Editor: Ahmad Bayasut
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved