Dilantik Jokowi, Gubernur Ini Gunakan Seragam Lama

Tak ada persiapan khusus yang dilakukan menjelang pelantikan.

Dilantik Jokowi, Gubernur Ini Gunakan Seragam Lama
DOK
Presiden Joko Widodo berbincang khusus dengan Irianto Lambrie yang saat itu masih menjabat sebagai Penjabat Gubernur Kaltara. Perbincangan keduanya ini dilakukan di lobi Swissbell Hotel, Tarakan, 16 Desember 2014. 

TRIBUNKALTIM.CO, TANJUNG SELOR – Setelah melalui proses panjang, jadwal dan tahapan pelaksanaan pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Kalimantan Utara (Kaltara) memasuki babak akhir.

Gubernur dan Wakil Gubernur terpilih Kaltara periode 2016-2021 Irianto Lambrie – Udin Hianggio dilantik oleh Presiden Joko Widodo di Istana Negara, Jakarta, Jumat (12/2/2016) pukul 15.00 Wita.

Pelantikan di Istana Negara berdasarkan Pasal 163 Undang-Undang Nomor 8 Tahun 2015 tentang Pemilihan Gubernur, Bupati, dan Walikota.

Pelantikan ini dilaksanakan seretak terhadap 7 Gubernur dan Wakil Gubernur terpilih hasil pilkada serentak 9 Desember 2015 lalu.

baca juga

Dilansir di situs resmi Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), selain Kaltara, 6 provinsi juga kepala daerahnya dilantik, masing-masing Provinsi Kalsel, Jambi, Sumatera Barat, Sulawesi Utara, Kepulauan Riau, dan Bengkulu.

Gubernur Kaltara terpilih Irianto Lambrie beserta wakilnya, Udin Hianggio, telah berada di Jakarta. Tak ada persiapan khusus yang dilakukan menjelang pelantikan.

Seperti halnya Irianto Lambrie, yang hanya menyiapkan pakaian dinas upacara (PDU). Pakaian tersebut ialah pakaian PDU miliknya saat masih menjabat Penjabat Gubernur Kaltara (2013-2014 dan 2014-2015).

“Persiapannya biasa-biasa saja. Yang dipersiapkan hanya baju, tetapi bukan baju baru. Baju saya saat masih bertugas sebagai Penjabat Gubernur, soalnya masih bagus,” sebut Irianto saat dikonfirmasi, Kamis (11/2/2016). Pelantikan dirinya, juga akan turut disaksikan oleh istrinya Rita Ratinah dan tiga orang anaknya.

baca juga

Sebelumnya kepada Tribun, Udin Hianggio juga mengaku tak memiliki persiapan khusus. Mantan Walikota Tarakan itu menyiapkan seragam putih dan jas hitam dari salah satu penjahit di Jakarta. Sedang istrinya, Zuleha juga menyiapkan pakaian kebaya.

Perlu diketahui, momentum pelantikan Gubernur dan Wakil Gubernur Kaltara merupakan sejarah baru bagi provinsi ke-34 di nusantara ini. Hampir tiga tahun masa transisi, Kaltara dipimpin oleh Penjabat Gubernur.

Hal itu sesuai dengan Pasal 1 ayat (2) Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2012 tentang Pembentukan Provinsi Kaltara, yang mana disebutkan “sebelum Gubernur dan Wakil Gubernur definitif terpilih sebagai pimpinan penyelenggaraan pemerintahan daerah, Presiden mengangkat Penjabat Gubernur dari pegawai negeri sipil berdasarkan usul Menteri Dalam Negeri (Mendagri) dengan masa jabatan 1 (satu) tahun.

Periode pertama (2013-2014), posisi Penjabat Gubernur dijabat Irianto Lambrie . Kemudian diperpanjang kembali satu tahun oleh Presiden (2014-2015). Selanjutnya pada periode ketiga atau 22 April 2015-22 April 2016, posisi Penjabat Gubernur dijabat oleh Sekretaris Utama Badan Nasional Pengelola Perbatasan (BNPP), Triyono Budi Sasongko. (*)

dan Klik Saja Follow @tribunkaltim serta Tonton Video YoutubeTribunKaltim

Penulis: Muhammad Arfan
Editor: Ahmad Bayasut
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved