TribunKaltim/

Tekan Laka Lantas, Jasa Raharja dan Ditlantas Gelar Pelatihan untuk Sopir Angkot

PT Jasa Raharja Persero (Cabang Kaltim) mengumpulkan puluhan sopir angkutan umum, Kamis (18/5/2017) di meeting room Hotel Quest Balikpapan.

Tekan Laka Lantas, Jasa Raharja dan Ditlantas Gelar Pelatihan untuk Sopir Angkot
TRIBUN KALTIM/MUHAMMAD FACHRI RAMADHANI
Suasana Pendidikan dan Pelatihan Abdiyaksa Teladan 2017, Kamis (18/5/2017) di Hotel Quest Balikpapan. 

TRIBUNKALTIM.CO, BALIKPAPAN - Demi menekan potensi kecelakaan lalu lintas yang melibatkan angkutan umum di Kaltim.

PT Jasa Raharja Persero (Cabang Kaltim) mengumpulkan puluhan sopir angkutan umum, Kamis (18/5/2017) di meeting room Hotel Quest Balikpapan.

Bekerjasama dengan Ditlantas Polda Kaltim, Dinas Perhubungan, dan Organda Pusat dan Daerah, para sopir tersebut diberikan wawasan dan pelatihan berkendara aman.

"Ada sekitar 50 sopir," kata Kepala Jasa Raharja Cabang Kaltim, Huntal Parulian Simanjuntak.

Lanjut Parulian, dikumpulkannya para sopir angkutan dalam kegiatan 'Pendidikan dan Pelatihan Abdiyaksa Teladan 2017' tersebut, bertujuan untuk menambah pemahaman bagi mereka tentang keselamatan berlalu lintas di jalan.

"Semua akan dipaparkan lebih jelas oleh Dirlantas, bagaimana langkah-langkah jika menghadapi rem blong dinjakan, dan menghadapi kendala lainnya jika terjadi di jalan," urainya.

Sementara Wakil Sekretaris Jenderal DPP Pusat Organda Ir Jonggir H Sitorus mengapresiasi langkah yang dilakukan Jasa Raharja.

Mengingat risiko jatuhnya korban dalam kecelakaan lalu lintas cukup tinggi. Maka dari itu para supir kita perlu diingatkan bahwa selain membawa diri mereka sendiri, mereka membawa keselamatan para penumpangnya.

"Budaya tertib lalu lintas perlu digalakkan. Mereka yang ikut pelatihan ini diharapkan menjadi teladan. Kemudian wajib mentransferkan ilmu yang didapat ke rekan yang lain," harapnya.

Dirlantas Polda Kaltim Kombes Pol Subandria yang menyampaikan materi pertama, di hadapan peserta tampil komunikatif dan atraktif.

Perwira dengan 3 melati di pundaknya tersebut memaparkan teknik dan trik berlalulintas aman dan selamat.

Dari data Ditlantas Polda Kaltim sebanyak 195 kasus kecelakaan lalu lintas terjadi mulai dari Januari hingga April 2017.

Sebanyak 102 orang meninggal dunia, 113 luka berat dan 135 orang luka ringan. Jika berdasarkan usia yang paling banyak menjadi korban adalah mereka yang berusia produktif, yakni 16 sampai 35 tahun sebanyak 152 orang. (*)

Penulis: Muhammad Fachri Ramadhani
Editor: Trinilo Umardini
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2017
About us
Help