TribunKaltim/

Warga Malaysia yang Ditangkap Rutin Selundupkan Daging dan Sayuran

Keduanya mengaku sudah dua bulan terakhir rutin mengantarkan daging Allana dan sejumlah barang ilegal ke Nunukan.

Warga Malaysia yang Ditangkap Rutin Selundupkan Daging dan Sayuran
TRIBUNKALTIM.CO/NIKO RURU
Ilustrasi - Petugas Dinas Pertanian dan Peternakan Kabupaten Nunukan merazia daging allana asal India yang diselundupkan dari Malaysia. 

TRIBUNKALTIM.CO, NUNUKAN - Dua warga negara Malaysia yang ditangkap TNI Angkatan Laut melalui Tim Eastern Fleet Quick Response (EFQR) Pangkalan TNI Angkatan Laut Nunukan, Senin (31/7/2017) sekitar pukul 20.00 Wita, mengaku rutin mengirimkan daging Allana dan sayuran dari Malaysia ke Nunukan dalam dua bulan terakhir.

Kepala Seksi Pengawasan dan Penindakan Keimigrasian Kantor Imigrasi Kelas II Nunukan, Bimo Mardi Wibowo mengungkapkan, dari pemeriksaan yang dilakukan terhadap Saparudin (39) yang merupakan motoris perahu dan Fadli (38) selaku pendamping motoris.

Keduanya mengaku sudah dua bulan terakhir rutin mengantarkan daging Allana dan sejumlah barang ilegal ke Nunukan.

"Mereka orang suruhan saja. Itu perahunya milik orang Indonesia. Motorisnya satu kali trip diupah RM 70 (setara Rp210.000) dan ABK RM 50," ujarnya, Kamis (3/8/2017).

Baca: Oknum Terus Putar Otak Edarkan Daging Ilegal, Warga Diimbau Tetap Waspada

Selain daging Allana, keduanya mengantarkan pesanan sosis, daging, sembako, daging ayam, nugget dan barang-barang asal Malaysia.

“Mereka mengantarkan barang-barang yang sudah dipesan sebelumnya. Keduanya mengaku biasa masuk ke Nunukan seminggu sekali,” ujarnya.

Keduanya juga mengaku, saat berada di perbatasan Republik Indonesia- Malaysia, aparat di Malaysia tidak menahan perahu yang mereka tumpangi meskipun tanpa dilengkapi dengan dokumen.

“Cukup membayar RM 100 untuk bisa melanjutkan perjalanan,” ujarnya.

Hanya saja saat berada di wilayah Republik Indonesia, keduanya justru bertemu dengan Patroli Keamanan Laut Sungai Ular yang sedang melakukan tugas di Perairan Kabupaten Nunukan.

Halaman
12
Penulis: Niko Ruru
Editor: Trinilo Umardini
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About us
Help