TribunKaltim/

Sudah 33 Tahun tak Pernah Dibantu, SDN 029 Akhirnya Dibantu Gedung Dua Lokal

SDN 029 Dusun Bensamar, Kelurahan Loa Ipuh Darat, Kecamatan Tenggarong mendapatkan bantuan dua lokal dari Dana Alokasi Khusus (DAK).

Sudah 33 Tahun tak Pernah Dibantu, SDN 029 Akhirnya Dibantu Gedung Dua Lokal
Tribun Kaltim/Rahmad Taufik
Gedung baru SDN 019 Tenggarong 

TRIBUNKALTIM.CO, TENGGARONG- SDN 029 Dusun Bensamar, Kelurahan Loa Ipuh Darat, Kecamatan Tenggarong mendapatkan bantuan dua lokal dari Dana Alokasi Khusus (DAK). Total dana senilai Rp 363 juta ini dikucurkan dalam 4 tahap.

"Saat ini dana yang dikucurkan sudah masuk tahap ketiga. Pekerjaan dilakukan secara swakelola dalam waktu 3 bulan sejak Juli lalu," kata Akhmad Yani, Wakil Kepala SDN 026 Bensamar, Rabu (11/10).

Bantuan gedung baru dengan 2 lokal ini termasuk di dalamnya mebeler. Saat ini 59 murid menempati 4 ruang yang tersedia. Ada 2 ruang kelas disekat, yakni untuk kelas 1 dan 2, serta kelas 3 dan 4.

Baca: Setelah Balikpapan Tutup Transportasi Online, tak Lama Samarinda Menyusul

Kondisi gedung SDN 029 masih sangat memprihatinkan. Beberapa plafonnya jebol dan sebagian lagi menjuntai ke bawah. Sehingga ruang kelas sering bocor ketika turun hujan karena plafonnya jebol.

Kursi dan meja juga rusak. Sekolah ini belum pernah dibantu rehabilitasi sejak dibuka 1984 silam atau selama 33 tahun."Saat ini sekolah kami membutuhkan bangku dan meja," ujar Yani.

Sebelumnya, pihak sekolah mengeluhkan kondisi gedung yang minim fasilitas. "Murid kami memang sedikit, yakni 59 orang, terdiri 6 rombongan belajar. Tapi kami tetap kekurangan lokal sehingga 2 ruang yang ada kami sekat," tuturnya.

Ruang yang disekat membuat proses belajar mengajar jadi tidak efektif. Suasana belajar terdengar ribut dan murid susah konsentrasi.

Baca: Fardi, Pembunuh Anak Tirinya Pasrah Divonis 20 Tahun Penjara

"Guru yang menerangkan harus bergantian dengan guru lainnya. Dalam ruangan yang disekat, ketika guru sedang menerangkan, maka guru lainnya dalam satu ruangan itu harus diam," ujarnya.

Pihak sekolah sudah beberapa kali mengajukan permohonan bantuan. Namun kedatangan Wakil Bupati Kukar Edi Damansyah 5 bulan lalu membawa angin segar. Hingga sekolah itu mendapatkan bantuan DAK untuk pembangunan 2 lokal.

Selain itu, tahun ini komunitas Ready Trail Refreshing (RTR) memberikan bantuan tas dan buku kepada seluruh murid. Komunitas motor trail itu juga melakukan rehabilitasi plafon yang jebol serta mengecatnya. SDN 029 juga tidak memiliki ruang perpustakaan, musala dan UKS. Koleksi buku ditempatkan di bekas rumah penjaga sekolah.

Baca: Hindari Gesekan dengan Sopir Angkot saat Demo, Gojek Nyamar Pakai Helm Doraemon

Dusun Bensamar sendiri merupakan dusun tertua di Tenggarong. Fasilitas listrik dan air bersih belum tersedia.

"Warga mendapatkan suplai listrik dari bantuan perusahaan. Perusahaan membantu genset dan solar. Sedangkan untuk kebutuhan air, kami menyambungkan pipa dari embung (kolam) perusahaan batubara," ucap Yani. (top)

Penulis: Rahmad Taufik
Editor: Sumarsono
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About us
Help