Pilgub Kaltim 2018

Hari Terakhir Pendaftaran, Para Calon Tunai Urus SKCK di Polda Kaltim

Salah satu persyaratan, paslon harus membuktikan bebas dari perkara hukum dengan menyertakan Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK).

Hari Terakhir Pendaftaran, Para Calon Tunai Urus SKCK di Polda Kaltim
tribunkaltim.co/muhammad fachri ramadhani
Kepala Bidang Hubungan Masyarakat Kepolisian Daerah Kalimantan Timur, Kombes Pol Ade Yaya Suryana. 

Laporan Wartawan Tribunkaltim.co, Muhammad Fachri Ramadhani

TRIBUNKALTIM.CO, BALIKPAPAN - Rabu (10/1/2018), menjadi hari terakhir pendaftaran pasangan calon gubernur dan wakil gubernur dalam Pemilukada Kaltim 2018.

Salah satu persyaratan, paslon harus membuktikan bebas dari perkara hukum dengan menyertakan Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK).

Meski hanya berbentuk selembar kertas, SKCK menjadi salah satu bukti penting bahwa seseorang berperilaku baik atau tidak pernah melakukan tindak kriminal.

SKCK menjadi prasyarat berbagai kepentingan, seperti melamar pekerjaan atau keperluan yang bersifat antar negara, tak terkecuali pendaftaran Pilgub bagi paslon. 

"Pasangan Calon (paslon) dalam Pilgub harus melengkapi SKCK yang diturunkan dari Polda. Untuk pendaftaran sebagai persyaratan dari KPU," ujar Kabid Humas Polda Kaltim Kombes Pol Ade Yaya Suryana, Rabu (10/1/2018).

Bila calon terdeteksi pernah terlibat dalam perkara pidana atau hukum, maka SKCK dipastikan tak akan keluar.

Biasanya untuk pengurusan SKCK, tak memakan waktu lama, sehari bisa langsung selesai.

"Nanti di situ (SKCK) diuraikan ada terkait dengan permasalahan pidana ada atau tidak, nanti disampaikan, yang tahu bagian intelijen," ujarnya.

Direktur Intelejen Polda Kaltim, Kombes Pol Wawan Muliawan, membenarkan bahwa ada calon yang masih mengurus SKCK di hari terakhir pendaftaran KPU.

"Terakhir Pak Isran, Pak Hadi, Pak Rusmadi, dan Pak Safaruddin hari ini baru menyelesaikan," katanya.

Kendati diketahui Isran-Hadi, secara resmi jadi pasangan pertama yang mendaftar di KPU Kaltim,  namun pada Rabu (10/1/2018), keduanya masih berupaya melengkapi berkas administrasi, salah satunya SKCK untuk keperluan pendaftaran pasangan calon di KPU.

Lebih lanjut, dibeberkan perwira 3 bunga  di pundak itu, semua calon gubernur dan wakil gubernur pada Pilgub Kaltim seluruhnya tunai mengurus SKCK mereka.

"Semua pasangan sudah menyelesaikan urusan SKCK. Kalau sudah keluar berarti semua tak ada masalah," jelasnya. (*)

Penulis: Muhammad Fachri Ramadhani
Editor: Kholish Chered
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved