TribunKaltim/

Buat Kalian yang Duduk di Bangku kelas 3 SMA Siapkan Dirimu, Ini Serangkaian Ujian SBMPTN 2018

Kementerian Riset Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) Republik Indonesia, Jumat (12/1/2018) siang telah meluncurkan program

Buat Kalian yang Duduk di Bangku kelas 3 SMA Siapkan Dirimu, Ini Serangkaian Ujian SBMPTN 2018
Tribunnews
Penyelenggaraan sbmptn 2017, Panlok 34, Bandung, Jawa Barat 

TRIBUNKALTIM.CO - Kementerian Riset Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) Republik Indonesia, Jumat (12/1/2018) siang telah meluncurkan program penerimaan mahasiswa baru melalui dua jalur yakni Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) dan Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN).

Dua program seleksi masuk perguruan tinggi negeri ini telah ada sejak tahun 2008.

SNMPTN sendiri merupakan pergantian nama dari jalur PMDK (Penelusuran Minat dan Kemampuan), dan merupakan seleksi mahasiswa baru yang menyaring mahasiswa berdasarkan bakat dan kemampuan akademik unggul selama mengenyam bangku Sekolah Menengah Atas (SMA).

Baca: Ditolak KPU Tarakan, Santun Layangkan Gugatan ke DKPP dan Bawaslu RI

Sementara itu, SBMPTN adalah seleksi masuk universitas dengan ujian tertulis yang diselenggarakan oleh perguruan tinggi negeri secara serempak dan dikoordinasi oleh pemerintah pusat.

Tahun 2018 ini, SMBPTN kembali diberlakukan oleh pemerintah.

Dilansir TribunStyle.com dari laman resmi SBMPTN yang baru diluncurkan, sbmptn.ac.id , Jumat (12/1/2018), SBMPTN tahun ini merupakan kombinasi hasil ujian tulis dan ujian keterampilan.

Baca: Tak Ada Lagi Seniman Tidak Dibayar, DK Paser Wajar Dapat Dana Hibah

Pelaksanaan SBMPTN tahun 2018 terdiri atas Ujian Tulis Berbasis Cetak (UTBC) dan Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) yang dapat diikuti oleh siswa lulusan tahun 2016, 2017, dan 2018 dari pendidikan menengah (SMA/MA/SMK) dan sederajat, serta lulusan Paket C tahun 2016, 2017, dan 2018.

Pada tahun ini Panitia Pusat akan melakukan peningkatan layanan peserta UTBK.

Halaman
12
Editor: Ayuk Fitri
Sumber: TribunStyle.com
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About us
Help