TribunKaltim/

Mantan Pengacara dan Dokter Disebut Manipulasi Data Medis Setelah Setnov Kecelakaan

Hal itu dilakukan untuk menghindari panggilan dan pemeriksaan penyidik KPK terhadap Setya Novanto. Fredrich adalah pengacara Novanto saat itu.

Mantan Pengacara dan Dokter Disebut Manipulasi Data Medis Setelah Setnov Kecelakaan
Pengacara Setya Novanto, Fredrich Yunadi memberikan keterangan pers di Gedung KPK, Kuningan, Jakarta Selatan, Selasa (21/11/2017). Keterangannya berkaitan dengan kedatangan Setya Novanto ke KPK untuk menjalani pemeriksaan perdana sebagai tersangka kasus korupsi proyek e-KTP - KOMPAS.com/GARRY ANDREW LOTULUNG 

TRIBUNKALTIM.CO - Penyidik Komisi Pembe­rantasan Korupsi (KPK) melakukan penggeledahan di sejumlah tempat di Jakarta, Kamis (11/1).

Hal itu terkait dugaan tindak pidana menghalangi penyidikan perkara korupsi e-KTP Setya Novanto.

Penggeledahan antara lain dilakukan di kantor dan rumah dua tersangka yakni pengacara Fredrich Yunadi dan dokter Bimanesh Sutarjo.

Baca: Kronologis Permintaan Uang Rp 40 Miliar dari Prabowo Menurut La Nyalla, Bakal Ganggu Pencapresan?

Sejak pukul 10.00 dua tim KPK secara bersamaan melakukan penggeledahan di kantor Fredrich di Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, dan di rumah dokter Bimanesh di Apartemen Botanica Tower Simprug, Kebayoran Lama, Jakarta Selatan.

Pada Rabu (10/1) lalu, KPK telah menetapkan dua orang itu sebagai tersangka.

Baca: Fotografer Brasil Lewati Daerah Terpencil Hutan Amazon, Abadikan Penampakan Seram Ini

Menurut Wakil Ketua KPK Basaria Panjaitan, baik Fredrich maupun Bimanesh diduga bekerja sama untuk memasukkan tersangka Setya Novanto ke Rumah Sakit Medika Permata Hijau guna dilakukan rawat inap dengan data medis yang diduga dimanipulasi sedemikian rupa pasca-kecelakaan mobil pada Kamis 16 November 2017.

Hal itu dilakukan untuk menghindari panggilan dan pemeriksaan penyidik KPK terhadap Setya Novanto. Fredrich adalah pengacara Novanto saat itu.

Baca: Kisah Kakek Bertato Viral di Facebook, Polisi Lakukan Penangkapan, Ternyata Si Kakek Anggota Yakuza

Sedangkan Bimanesh adalah dokter di RS Medika Permata Hijau, Kebon Jeruk, Jakarta Barat, yang merawat Setya Novanto setelah mengalami kecelakaan karena mobil Toyota Fortuner B-1732-ZLO yang ditumpanginya menabrak tiang listrik di Permata Hijau, Kamis sore tersebut.

Novanto kemudian dibawa ke RS Medika Permata Hijau.

Fredrich dan Bimanesh disangkakan melanggar Pasal 21 Undang-Undang Nomor 31 Tahun 1999 sebagaimana diubah dalam Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2001 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi jo Pasal 55 Ayat 1 ke-1 KUHP.

Editor: Januar Alamijaya
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About us
Help