Kesehatan

Jalan Kaki Bikin Jantung Sehat dan Tambah Stamina, Berapa Idealnya Langkah per Hari?

Berjalan kaki adalah cara mudah dan menyenangkan untuk meningkatkan jumlah aktivitas fisik yang kita lakukan.

Jalan Kaki Bikin Jantung Sehat dan Tambah Stamina, Berapa Idealnya Langkah per Hari?
erlobrown
Ilustrasi - Jalan kaki di pantai 

TRIBUNKALTIM.CO -- Meskipun sering kali diabaikan sebagai bentuk olahraga, nyatanya berjalan kaki bisa membantu menambah stamina, membakar kalori berlebih, dan membuat jantung lebih sehat.

Berjalan kaki adalah cara mudah dan menyenangkan untuk meningkatkan jumlah aktivitas fisik yang kita lakukan tanpa memerlukan usaha dan energi yang berlebih.

Berapa banyak langkah per hari yang direkomendasikan untuk kesehatan?

Sebenarnya, Departemen Kesehatan dan Layanan Amerika Serikat tidak memiliki rekomendasi seberapa banyak langkah yang harus kita lakukan per harinya.

Meskipun begitu, Physical Activity Guidelines Amerika Serikat merekomendasikan agar orang dewasa melakukan 150 menit latihan aerobik per minggu dengan intensitas sedang atau 75 menit latihan aerobik per minggu dengan intensitas tinggi yang diimbangi dengan olahraga lainnya.

Untuk memenuhi rekomendasi tersebut, kita perlu berjalan sekitar 7.000 sampai 8.000 langkah sehari.

Baca: Tak Perlu Olahraga Berat, Jalan Kaki juga Bisa Turunkan Berat Badan Loh!

Beberapa pakar kesehatan menyatakan bahwa jalan 10.000 langkah sehari benar-benar akan memberikan manfaat kesehatan untuk tubuh.

Hal ini didukung oleh sebuah penelitian yang menyebutkan bahwa wanita yang melakukan jalan 10.000 langkah sehari mampu menurunkan tekanan darah setelah 24 minggu dan meningkatkan kadar glukosa dalam tubuh mereka.

Walau berbagai lembaga kesehatan tidak menyebut angka 10.000 langkah per hari, tapi mereka tetap menilai bahwa “berjalan” merupakan kegiatan yang berpotensi meningkatkan kualitas kesehatan seseorang.

Jadi pada dasarnya tidak ada acuan berapa langkah per harinya yang harus kita lakukan.

Halaman
123
Editor: Trinilo Umardini
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved