Pilgub Kaltim 2018

Satu Hari Setelah Pencoblosan Pilgub Belum Ada Laporan Kecurangan

proses untuk pengaduan adanya dugaan kecurangan atau juga praktik politik uang diberi batas waktu selama 7 hari

Satu Hari Setelah Pencoblosan Pilgub Belum Ada Laporan Kecurangan
Tribun Kaltim/M Fachri Ramadhani
Situasi penghitungan suara di TPS 14 Kelurahan Prapatan, Balikpapan Kota, Rabu (27/6/2018). 

TRIBUNKALTIM.CO BALIKPAPAN - Satu hari setelah masa pencoblosan pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Kalimantan Timur (Pilgub Kaltim) di Kota Balikpapan, sampai sejauh ini masih dinyatakan belum ada laporan dugaan kecurangan atau praktik politik uang.

Hal ini diungkapkan, Muhammad Ramli Koordinator Divisi Penegakan Hukum, Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kota Balikpapan, yang menyatakan, satu hari setelah pencoblosan Panwaslu belum menemukan adanya dugaan kecurangan atau politik uang.

Baca: Belum Ada Pengumuman Resmi KPU, 2 Paslon Cagub Jabar Sudah Ucapkan Selamat pada Kang Emil

Termasuk belum juga mendapat laporan dari masyarakat mengenai dugaan adanya politik kotor menggunakan cara-cara yang curang.

"Belum ada ini, masih belum ada ditemukan. Juga belum ada laporan dari masyarakat," tuturnya kepada Tribunkaltim.co, di Jl Martadinata Balikpapan, Kamis (28/6/2018) siang.

Ramli menegaskan, proses untuk pengaduan adanya dugaan kecurangan atau juga praktik politik uang diberi batas waktu selama 7 hari setelah ditemukannya kasus atau kejadian adanya praktik politik kotor.

Jadi tambah Ramli, sekarang ini masih tinggal sisa 6 hari untuk mendapat laporan dugaan adanya kecurangan.

Baca: Film Dimsum Martabak Menduduki Rating Terbawah, Begini komentar Ayu Ting Ting

"Kalau sudah lewat lebih dari 7 hari dari hari pencoblosan atau kejadian tentu saja dinyatakan Pilgub di Balikpapan bersih, tidak ada kegiatan kecurangan," tegasnya. 

Dia menyatakan, lembaga Panwaslu Balikpapan sampai sejauh ini masih membuka posko pengaduan. Apapun nanti yang dilaporkan oleh masyarakat mengenai adanya dugaan kecurangan pastinya akan ditindaklanjuti.

"Kami siap saja, tetap buka untuk posko pengaduan. Sampai sekarang belum ada potensi dugaan kecurangan dan politik uang," ujar Ramli.

Baca: Buaya yang Muncul di Kali Grogol Diduga Jenis Buaya Ganas Pemangsa Manusia

Dia pun menambahkan, sejauh ini Panwaslu Balikpapan beserta masyarakat sedang konsentrasi untuk terus mengawal proses perhitungan dan rekapitulasi di Komisi Pemilihan Umum Balikpapan.

Ramli berharap, jangan sampai ada yang melakukan kecurangan melakukan manipulasi data perhitungan suara pemilih.

"Mari kita kawal bersama, proses rekapitulasi perhitungan suara. Nanti Sabtu mungkin sudah ada beberapa kecamatan yang akan mengeluarkan data keseluruhan," ujarnya.

Baca: Kesal Dilarang Pakai Celana Jeans, Seorang Polisi Dibunuh Istri dan Anaknya

Berdasarkan jadwalnya, rekapitulasi di PPK kecamatan pada 28 juni sampai 4 Juli 2018,  dan untuk di tingkat Kota Balikpapan berlangsung dari 4 hingga 6 Juni 2018.

Penulis: Budi Susilo
Editor: Januar Alamijaya
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved