Tingkat Partisipasi Masyarakat Kutim Turun, Separoh Pemilih Tidak Mencoblos

Penghitungan suara di sebagian TPS di wilayah Sangatta Utara dan Sangatta Selatan, Kutai Timur, saat ini telah rampung.

Tingkat Partisipasi Masyarakat Kutim Turun, Separoh Pemilih Tidak Mencoblos
Tribun Kaltim/Margaret Sarita
Perhitungan surat suara di TPS 13 Sangatta Selatan 

TRIBUNKALTIM.CO, SANGATTA - Penghitungan suara di sebagian TPS di wilayah Sangatta Utara dan Sangatta Selatan, Kutai Timur, saat ini telah rampung. Dari pantauan Tribun Kaltim, hasil perhitungan sementara di sebagian TPS, antara paslon nomor urut 1, 2, 3 dan 4 bersaing imbang.

Hanya saja, apa yang dikhawatirkan soal tingkat partisipan pemilih, terjadi. Tingkat partisipasi pemilih di beberapa TPS di Sangatta masih rendah. Di TPS 10 Sangatta Selatan, dari sekitar 400 warga yang terdaftar dalam DPT hanya 150-an warga saja yang ikut mencoblos.

Begitu juga di TPS 13, dari 200 warga yang masuk DPT, hanya separuhnya yang ikut mencoblos dan TPS 8 Kelurahan Singa Geweh, dari 326 DPT, hanya 121 warga yang mencoblos.

Baca: Saat Salurkan Hak Pilihnya, Bupati - Wabup Kutim Kompak bareng Istri dan Keluarga, Lihat Suasananya

Salah seorang warga yang menjadi anggota KPPS di Sangatta Selatan, Sutono mengatakan faktor penyebab rendahnya tingkat partisipan pemilih, bermacam--macam. Cuaca ikut mempengaruhi.

"Karena hujan dari pagi sampai jam 10.00 wita tadi. Banyak juga warga yang tidak dapat undangan hingga masih banyak warga yang belum kembali dari mudik Lebaran," ujar Sutono.

Baca: Bupati dan Wakil Bupati PPU Berikan Hak Pilihnya, Begini Suasana saat Berada di TPS

Bupati maupun Wakil Bupati Kutai Timur sangat berharap tingkat partisipasi pemilih di Kutim bisa lebih baik dibanding saat Pemilihan Kepala Daerah beberapa waktu lalu. (*)

Editor: Sumarsono
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About us
Help