Pilih Mesin Cuci Bukaan Atas atau Depan? Cermati Dulu 4 Faktor Ini Sebelum Membeli

Kebanyakan rumah tangga masih lebih memilih mesin cuci bukaan atas dua tabung atau satu tabung karena pertimbangan harga

Pilih Mesin Cuci Bukaan Atas atau Depan? Cermati Dulu 4 Faktor Ini Sebelum Membeli
pixabay.com
Ilustrasi mesin cuci bukaan depan 

TRIBUNKALTIM.CO - Baru dua tahun membeli mesin cuci baru, seorang ibu menyampaikan keluhannya. Ia melihat sejumlah pakaian yang dicucinya menjadi rusak.

Pemilik toko karpet ini membeli jenis mesin top load (bukaan atas). "Bersih sih bersih tapi kok kainnya jadi rusak. Jadi saya gak berani lagi taruh pakaian bagus di sana. Paling baju rumahan saja seperti daster atau pakaian dalam," kata Farida kepada TribunKaltim.co, Senin (9/7/2018).

Ia berencana menjual mesin cucinya tersebut dan membeli baru yang berjenis front load (bukaan depan). Dulu, mesin cuci bukaan depan hanya digunakan oleh penatu (laundry) saja. Tapi kini jenis mesin ini sudah digunakan banyak rumah tangga.

Kebanyakan rumah tangga masih lebih memilih mesin cuci bukaan atas dua tabung atau satu tabung karena pertimbangan harga, jauh lebih murah. Perbandingannya sekitar 70 persen (dua tabung), 25 persen (1 tabung), dan 5 persen yang pilih tipe front load.

"Konsumen Indonesia lebih memilih mesin cuci yang sederhana dan murah," kata Haryono Simon saat menjabat GM PT Elextrolux Indonesia seperti dikutip Kompas.com.

Tak ada yang salah memilih mesin cuci dengan harga lebih terjangkau, asalkan memahami cara penggunaan yang benar dan memilih detergen khusus untuk mesin cuci. Penggunaan mesin cuci sesuai buku panduan dan penggunaan detergen sesuai takaran bisa menghemat pengeluaran.

Dengan begitu, Anda bisa berhemat detergen, air yang terkait dengan listrik, serta biaya perawatan mesin cuci. Penggunaan alat rumah tangga yang bijak memengaruhi daya tahan mesin cuci. Anda tak perlu mengeluarkan uang untuk memperbaiki mesin cuci atau bahkan membeli barang baru lantaran penggunaan alat yang sembarangan.

Mengapa front load lebih baik? Simon menjelaskan, secara teknis mesin ini mencuci pakaian dengan cara memutar dan seperti dibanting. Cara mencuci seperti ini, kata Simon, dinilai paling baik dan memberikan hasil cucian optimal.

Penggunaan airnya pun lebih hemat, begitu juga dengan takaran detergen yang hanya memerlukan sedikit namun memberikan hasil maksimal. Pengeringan pakaian dengan mesin cuci bukaan depan juga lebih optimal.

Tetapi kini sudah ada mesin cuci top load yang mampu mencuci pakaian dengan lebih baik, karena dilengkapi agitator yang berada di tengah sehingga air dan pakaian dapat berputar bersamaan. Teknologinya hampir sama degan yang digunakan pada tipe front load engan agitator horizontalnya yang dapat membersihkan lebih baik dan tidak merusak pakaian.

Halaman
123
Penulis: Achmad Bintoro
Editor: Achmad Bintoro
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About us
Help