Anggap PPDB Online Kacau Balau, Orangtua Siswa Mengadu ke Ombudsman

peraturan yang diterapkan tidak jelas hanya berdasar keinginan para pemangku kepentingan dalam hal ini panitia PPDB online.

Anggap PPDB Online Kacau Balau, Orangtua Siswa Mengadu ke Ombudsman
Tribun Kaltim/Budi Susilo
Daniel Nainggolan (42), menghadap ke posko pengaduan PPDB online Balikpapan di SMA Negeri 2 Balikpapan, Kamis (12/7/2018) siang 

TRIBUNKALTIM.CO BALIKPAPAN - Siang itu, Daniel Nainggolan (42), mendatangi gedung lantai dua SMA Negeri 2 Balikpapan menghadap ke posko panitia Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) online Balikpapan. 

Dirinya yang mengenakan kemeja batik coklat merasa keberatan dengan penerapan zonasi terbaru tahun ini karena dianggap sewenang-wenang dan tanpa kejelasan sistem.

Ini diungkapkan saat bersua dengan Tribunkaltim.co di lokasi SMA Negeri 2 Balikpapan, Jl Soekarno Hatta Strat 4, Gunung Samarinda, Balikpapan Utara, Kota Balikpapan, Kaltim, Kamis (12/7/2018) siang.

Baca: Pencalonan Partai Amanat Nasional di PPU Penuhi Syarat

 Dia menjelaskan, anaknya masuk jalur prestasi di kolom luar zona, memilih SMA Negeri 1 Balikpapan.

Namun, ungkapnya, tiba-tiba sistem online dari Dinas Pendidikan Provinsi Kalimantan Timur mengubahnya secara tiba-tiba sejak pukul 07.33 Wita pada 11 Juni 2018.

"Nama anak saya hilang tidak masuk dalam daftar SMA Negeri 1. Nama anak saya terlempar ke SMA 5 Negeri," ujar Daniel. 

Menurut dia, hal itu sangat tidak masuk akal, dianggap sistem yang kacau balau. 

Baca: Ini Nama-nama Kandidat Cawapres Prabowo dari Partai Koalisi

Daniel menyayangkan sistem PPDB online yang tidak secara sistematis terkesan karut-marut, peraturan yang diterapkan tidak jelas hanya berdasar keinginan para pemangku kepentingan dalam hal ini panitia PPDB online. 

"Harusnya kalau ada perubahan jangan tiba-tiba. Ini tiba-tiba langsung berubah, dihapus, anak saya jadi terlempar ke sekolah lain," katanya. 

Dia berkeyakinan anaknya layak masuk diterima di SMA Negeri 1 Balikpapan sebab nilai ujian nasionalnya mencapai angka 390 dan prestasi di bidang menyanyi. 

Halaman
123
Penulis: Budi Susilo
Editor: Januar Alamijaya
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About us
Help