CPNS 2018

Ini Kuota Formasi CPNS 2018 di Pemkab PPU dan Berau, Berikut Penjelasannya

Jumlah formasi CPNS yang disetujui Kabupaten PPU adalah 160. Sementara Kabupaten Berau, formasi CPNS yang disetujui adalah 104.

Ini Kuota Formasi CPNS 2018 di Pemkab PPU dan Berau,  Berikut Penjelasannya
tribunkaltim.co/geafry necolsen
Masyarakat Berau melihat pengumuman CPNS 

Laporan wartawan Tribunkaltim.Co, Samir Paturusi dan Geafry Necolsen 

TRIBUNKALTIM.CO - Dua Kabupaten di Provinsi Kalimantan Timur, yakni Penajam Paser Utara (PPU) dan Berau juga akan membuka formasi calon pegawai negeri sipil (CPNS) dalam CPNS 2018'>Penerimaan CPNS 2018 ini. Jumlah formasi CPNS yang disetujui untuk Kabupaten PPU adalah 160. Sementara untuk Kabupaten Berau, formasi CPNS yang disetujui adalah 104.

Menurut Badan Kepegawaian, Pendidikan dan Pelatihan (BKPP) PPU formasi CPNS 2018 yang disetujui adalah 160 yang terdiri dari 107 untuk formasi tenaga Pendidikan, kemudian tenaga kesehatan sebanyak 27 formasi serta tenaga teknis sebanyak 26 formasi.

Jumat (14/9/2018), Sekretaris BKPP PPU, Khairuddin menjelaskan saat ini hanya tinggal menunggu penetapan dari MenPAN-RB.

Khairuddin menjelaskan, awalnya formasi yang diusulkan sebanyak 176 namun yang disetujui hanya 160 formasi.

Sementara itu, Pemkab Berau justru mendapatkan tambahan formasi. 

Pendaftaran CPNS 2018, Kisi-kisi Soal CPNS 2018 Resmi dari BKN, Lihat Linknya di Sini

3 Kesalahan yang Sering Terjadi saat Daftar CPNS Melalui sscn.bkn.go.id

Pendaftaran CPNS 2018, Kementrian BUMN Bocorkan Rahasia Cara Lolos Tes CPNS

Kepala Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan (BKPP) Berau, Abdul Rivai saat ditemui di ruang kerjanya, Jumat (14/9/2018) menjelaskan kuota CPNS 2018 Berau dari 94 formasi menjadi 107, atau bertambah 13 formasi. 

Sebelumnya, CPNS'>kuota CPNS Berau hanya 94 orang dengan rincian untuk bidang kesehatan sebanyak 38 orang atau 40 persen dari kuota.

Selanjutnya bidang pendidikan dengan kuota yang sama yakni 38 orang dan sisanya 18 orang atau 20 persen dari jumlah kuota akan diisi untuk tenaga teknis.

“Itu kuota awalnya yang disetujui, tetapi beberapa hari kemudian kami mendapat informasi ada penambahan kuota 13 orang. Tetapi belum ada informasi untuk jabatan apa saja,” ungkapnya.

Meski demikian, pihaknya memang mengajukan penambahan kuota 13 orang khusus untuk jabatan auditor.

“Tapi sekali lagi, belum ada kejelasan. Apakah kuota tambahan 13 orang ini memang untuk auditor atau bukan. Kami masih menunggu informasi lebih lanjut,” imbuhnya.

Saat ini, BKPP Berau telah menyusun panitia seleksi CPNS 2018.

Tahun ini para peserta yang hendak mendaftar tidak perlu datang ke kantor BKPP. “Pendaftaran dilakukan melalui aplikasi yang dibuat oleh Badan Kepegawaian Negara (BKN),” jelasnya.

BKPP telah mengirimkan sejumlah panitia seleksi CPNS untuk mengikuti bimbingan teknis tentang tata cara pendaftaran CPNS 2018 yang nantinya akan disampaikan kepada masyarakat. Tahapan seleksi akan dimulai pada hari Rabu (19/9/2018).

Proses pendaftaran CPNS tahun ini, kata Rivai akan dibuka selama satu bulan. Selanjutnya adalah seleksi berkas dan tes CPNS 2018 yang rencananya akan diumukan pada akhir bulan November 2018 nanti.

Ikut Seleksi Penerimaan CPNS 2018? Ini Nilai Ambang Batas Seleksi Setiap Kompetensi Dasarnya

Daftar Gaji PNS yang Bakal Anda Terima Jika Lolos Seleksi Penerimaan CPNS 2018

Resmi Dibuka 19 September, Ini Alur Registrasi CPNS 2018 di portal SSCN.BKN.GO.ID

Proses seleksi tetap menggunakan metode Computer Assisted Test (CAT) yang rencananya akan digelar pada bulan Oktober 2018. 

Terkait dengan pendaftaran CPNS 2018 ini, Sekretaris BKPP PPU, Khairuddin mengatakan meski pendaftaran sistem online, namun berkas tetap harus dikirim melalui kantor pos.

"Jadi nanti mendaftar melalui online tapi kirim berkas tetap melalui pos. Nah berkas yang kami terima akan dilakukan verifikasi dan penelitian apakah penuhi syarat untuk menjadi peserta," ujarnya.

Bukan hanya itu lanjutnya, pihaknya juga tidak memberikan syarat pengalaman kerja seperti penerimaan CPNS beberapa tahun lalu. Alasannya, karena pihaknya mengikuti syarat secara nasional yang tidak mencamtumkan syarat pengalaman kerja untuk bisa mendaftar.

Sementara untuk rencana tes, Ia mengatakan kemungkinan akan dilaksanakan pada minggu kedua atau ketiga Oktober mendatang.

Untuk tes kemungkinan akan dilaksanakan di Balikpapan bersama peserta dari Kabupaten Paser dan Kota Balikpapan. Alasan digelar di Balikpapan karena keterbatasan tempat untuk digelar tes termasuk tenaga untuk mengawasi saat pelaksaaan tes.

Sementara untuk syarat pendaftaran, ia mengatakan pendaftar wajib lulusan S1 kecuali bidan dan perawat hanya D3.

Ia mengatakan, untuk lulusan SMA tidak dibuka formasi termasuk untuk tenaga teknis. Sementara untuk tenaga Pendidikan akan diterima untuk guru SD dan SMP.

Meski akan membuka 160 formasi, namun Khairuddin mengaku belum bisa menutupi kekurangan jumlah PNS di PPU. Karena formasi yang dibuka ini hanya untuk mengisi PNS yang telah memasuki masa pensiun.

"Ini hanya untuk menyeimbangkan PNS yang pension dengan yang diterima. Karena secara keseluruhan belum bisa m

Penulis: tribunkaltim
Editor: Amalia Husnul Arofiati
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved