Gempa Situbondo

GEMPA HARI INI - Gempa Situbondo Tidak Berpotensi Tsunami, Simak Penjelasan Lengkap BMKG dan BNPB

Gempa hari ini yang mengguncang sebelah timur laut Situbondo Jawa Timur, Kamis (11/10/2018). Gempa Situbondo berkekuatan 6,4 SR.

GEMPA HARI INI - Gempa Situbondo Tidak Berpotensi Tsunami, Simak Penjelasan Lengkap BMKG dan BNPB
Twitter infoBMKG
Gempa Situbondo 

Gempa Situbondo tak Berpotensi Tsunami, Ini Penjelasan Lengkap BMKG dan BNPB

TRIBUNKALTIM.CO, SURABAYA - Gempa hari ini yang mengguncang sebelah timur laut Situbondo Jawa Timur, Kamis 911.10.2018) mengakibatkan kerusakan rumah di beberapa tempat di Jawa Timur.  Gempa Situbondo ini berkekuatan 6,4 SR. Berdasarkan rilis dari BPBD yang diterima Surya.co.id menyebutkan, saat ini  BPBD Provinsi Jawa Timur dan BPBD Kabupaten Sumenep masih melakukan pendataan.

Kemudian telah dimutakhirkan menjadi M6,3 oleh BMKG terasa di seluruh wilayah Jawa Timur.

Gempa dirasakan di sejumlah tempat yakni Kabupaten Situbondo, Jember, Banyuwangi, Lumajang, Kabupaten/Kota Probolinggo, Kota Bondowoso, Sumenep, Pamekasan, Sampang, Bangkalan, Kabupaten/Kota Pasuruan, Kota Batu, Kabupetn/Kota Malang, Kabupaten Blitar, Surabaya, Sidoarjo, Jombang, dan Kabupaten/Kota Mojokerto.

Kerusakan rumah terdapat di beberapa tempat, antara lain di Desa Jambuir, Kecamatan Gayam, Kepulauan Sapudi, Sumenep, di Kopedi Kecamatan Bluto , Sumenep, di Kertasada, Kecamatan Kalianget, Sumenep, masjid rusak di Desa Gendang Timur, Kecamatan Sepudi, Sumenep, rumah rusak di Nyabakan Timur, Kecamatan Batang-Batang, Sumenep.

Gempa Situbondo - 2 Warga Sumenep Tewas, Pasien RSUD dr H Moh Anwar Berhamburan

Warga Balikpapan Bantu Tiket Pesawat Korban Gempa Sulteng, Hari Ini 53 Orang Terbang Gratis

Kisah Polwan Polda Kaltim Bantu Korban Gempa Sulteng, Pertama Tiba Seperti Kota Mati

Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB, Sutopo Purwo Nugroho menjelaskan,  gempa tidak berpotensi tsunami.

Guncangan gempa dirasakan cukup kuat oleh masyarakat di Sumenep dan Situbondo selama 2-5 detik. Masyarakat berhamburan keluar rumah.

Rumah di Pulau Sepudi, Sumenep, Jatim mengalami kerusakan akibat gempa yang mengguncang timur laut Situbondo, Kamis (11/10/2018)
Rumah di Pulau Sepudi, Sumenep, Jatim mengalami kerusakan akibat gempa yang mengguncang timur laut Situbondo, Kamis (11/10/2018) (Surya/M Ri'vai)

Sedang di daerah lain gempa dirasakan sedang selama 2-5 detik.

Sutopo menjelaskan, berdasarkan analisis peta gempa dirasakan, intensitas gempa dirasakan III-IV MMI di Denpasar, III MMI di Karangkates, III MMI di Gianyar, III MMI di Lombok Barat, III MMI di Mataram, III MMI di Pandaan.

Pasien RSUD dr M Anwar Sumenep berhamburan keluar akibat gempa Situbondo, Kamis (11/10/2018) dinihari.
Pasien RSUD dr M Anwar Sumenep berhamburan keluar akibat gempa Situbondo, Kamis (11/10/2018) dinihari. (SURYA/M RIVAI)

"Artinya, gempa dirasakan ringan hingga sedang. Secara umum tidak banyak dampak kerusakan akibat gempa," jelas Sutopo.  (*)

 
Artikel ini telah tayang di surya.co.id dengan judul Gempa Situbondo Tak Berpotensi Tsunami, Ini Penjelasan Lengkap BNPB dan BMKG, http://surabaya.tribunnews.com/2018/10/11/gempa-situbondo-tak-berpotensi-tsunami-ini-penjelasan-lengkap-bnpb-dan-bmkg.

Editor: Fatkhul Alami
Follow Instagram tribunkaltim
Editor: Amalia Husnul Arofiati
Sumber: Surya
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved