Mortir 180 Cm Ditemukan di Pemukiman Warga di Sangatta

Mortir yang diduga sisa perang dunia II ditemukan warga di kawasan pemukiman di Sangatta, Kabupaten Kutai Timur

Mortir 180 Cm Ditemukan di Pemukiman Warga di Sangatta
Tribun Kaltim/Margaret Sarita
Warga bersama petugas kepolisian saat mengamankan benda yang diduga rudal di Sangatta 

TRIBUNKALTIM.COMortir yang diduga sisa perang dunia II ditemukan warga di kawasan pemukiman di Sangatta, Kabupaten Kutai Timur. Tepatnya di Jalan AW Syahrani, Kelurahan Teluk Lingga.

Mortir sepanjang 180 cm, dengan tinggi batang 90 cm dan ujung kepala 45 cm ditemukan pertama kali oleh pria bernama Handoko (35), seorang pegawai RSU Kudungga Sangatta.   

Benda yang mirip rudal tersebut ditemukan warga Jalan Hidayatullah Gang Kedung Adem RT 55, saat menggarap lahan di sekitar lokasi penemuan.

“Saya lagi membersihkan lahan, kemudian menemukan bongkahan besi tua. Setelah diperiksa ternyata besi tersebut menyerupai rudal milik TNI,” ujar Handoko, Jumat (9/11/2018).

Baca: Pernah Sebut Politikus Sontoloyo, Kini Jokowi Sebut Politikus Genderuwo

 Benda menyerupai rudal tersebut dibiarkan di lahan yang digarapnya. Saat menangani pasien di RSU Kudungga yang kebetulan anggota Polres Kutim, Handoko menceritakan penemuannya. Kemudian bersama-sama anggota kepolisian memeriksa benda dimaksud.

“Di lokasi penemuan, anggota polisi tersebut berkoordinasi dengan jajaran Kodim 0909 Sangatta, untuk memeriksa benda mirip rudal tersebut. Kemudian diamankan,” ungkap Handoko.

Baca: Ini Bocoran Materi SKB CPNS 2018 dari BKN, Kuncinya ada di Permenpan dan Wajib Tahu JFT atau JP

 Terpisah, Kapolres Kutim AKBP Teddy Ristiawan didampingi Kasatreskrim AKP Yuliansyah mengatakan pihak polres hanya ikut membantu mengamankan benda yang diduga sisa perang dunia kedua. Tapi untuk penyelidikan dan penyimpanan, ditangani Kodim 0909 Sangatta.

 “Kami  bersama warga  hanya membantu mengamankan saja. Kodim nanti yang menangani,” ujar Yuliansyah.

 Senada, Dandim 0909 Sangatta Letkol (inf) Kamil Bahren Pasha mengatakan benda tersebut adalah rudal. Pihaknya sudah mengamankan lokasi tersebut dengan memasang police line. Karena harus diteliti dulu, apakah masih aktif atau tidak.

 “Tidak mudah memindahkan rudal tersebut. Jadi, kita amankan dulu lingkungan sekitar. Kita identifikasi kondisi dan jenis rudal. Kalau sudah non aktif, akan dihibahkan ke Kodam VI Mulawarman.  Tapi kalau masih aktif, harus diangkat dengan peralatan khusus ke tempat yang aman untuk diledakkan. Tapi pastinya rudal itu sudah lama berada di lokasi tempatnya ditemukan,” ujar Kamil.

Penulis: Margaret Sarita
Editor: Januar Alamijaya
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved