KBM, KIPI, dan PLTA; Tiga Proyek Strategis di Kaltara yang Saling Terkait

Sebagai ibukota provinsi dengan kategori kota kecil, penataan Tanjung Selor sebutnya, masih lebih mudah dilakukan.

KBM, KIPI, dan PLTA; Tiga Proyek Strategis di Kaltara yang Saling Terkait
TRIBUN KALTIM / MUHAMMAD ARFAN
Risdianto, Kepala DPM PTSP Kalimantan Utara 

Laporan Wartawan Tribunkaltim.co, Muhammad Arfan

TRIBUNKALTIM.CO, TANJUNG SELOR - Kebutuhan pelayanan publik yang semakin tinggi ke depan, menuntut pemerintah untuk menghadirkan pusat pemerintahan yang lebih tertata, lapang, dan lebih fungsional.

Seperti yang tengah direncanakan Pemprov Kalimantan Utara didukung pemerintah (pusat) yang hendak memindahkan pusat pemerintahan dari kompleks eks kantor Bupati Bulungan (kompleks gubernuran ke daerah Gunung Seriang, kurang dari 10 kilometer dari kawasan pusat pemerintahan saat ini).

Kepala Dinas Penanam Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPM PTSP) Kalimantan Utara Risdianto menjelaskan, pusat pemerintahan Provinsi Kalimantan Utara akan didirikan di atas lahan seluas kurang lebih 2.500 hektare, terletak di tengah-tengah Kota Baru Mandiri (KBM) Tanjung Selor.

Pusat pemerintahan tersebut akan memegang peranan penting baik fungsinya sebagai pusat administrasi dan roda pemerintahan, penyelenggaraan pembangunan, serta pusat pelayanan publik.

"Sesuai dengan perkembangan daerah ke depan, dari segi tata ruang khususnya, perkembangan yang akan terjadi itu harus diantisipasi. Kejenuhan harus diantisipasi atau diuraikan sejak sekarang," kata Risdianto, Selasa (27/11/2018).

Sebagai ibukota provinsi dengan kategori kota kecil, penataan Tanjung Selor sebutnya, masih lebih mudah dilakukan. Berbeda jika kondisi kota telah terlanjur padat.

"Jadi dari segi Tata Ruang, Pusat Pemerintahan Provinsi Kalimantan Utara dan KBM Tanjung Selor dibangun dengan melihat pertimbangan-pertimbangan jangka panjang ke depan," ujarnya.

Baca juga:

Bulan November, Dua Polsek di Samarinda Berhasil Dibobol Tahanan

Halaman
12
Penulis: Muhammad Arfan
Editor: Kholish Chered
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved