Soal Tingginya Harga Tiket Pesawat, Ini Tanggapan KPPU Balikpapan

Tingginya harga tiket pesawat tersebut juga dikeluhkan warga kota minyak Balikpapan yang menggunakan moda transportasi pesawat.

Soal Tingginya Harga Tiket Pesawat, Ini Tanggapan KPPU Balikpapan
Tribunkaltim.co/ Aris Joni
Ketua KPPU Balikpapan, Abdul Hakim Pasaribu 

Soal Tingginya Harga Tiket Pesawat, Ini Tanggapan KPPU Balikpapan 

TRIBUNKALTIM.CO, BALIKPAPAN - Harga tiket pesawat rute domestik yang dinilai tinggi dan tidak rasional membuat masyarakat sebagai konsumen merasa terbebani. Gejolak dari konsumen tersebut sudah mulai terlihat beberapa minggu belakangan ini.

Malah sebagian warga heran dengan rute luar negeri yang lebih murah dibanding dengan rute domestik atau antar kota di Indonesia.

Tingginya harga tiket pesawat tersebut juga dikeluhkan warga kota minyak Balikpapan yang menggunakan moda transportasi pesawat.

Daftar Pelatih di Liga Indonesia Musim 2019, Stefano Cugurra Pindah ke Bali United

Tanggapi Ancaman Prabowo Mundur dari Pilpres 2019, Sudjiwo Tedjo: Ini Bukan Kritik ke Jokowi

Di Depan Generasi Milenail, Ketua BPN Sebut Indonesia Saat Ini Nyaris Sama Era VOC

Menanggapi fenomena tersebut, Komisi Pengawasan Persaingan Usaha (KPPU) Kota Balikpapan angkat bicara soal kenaikan harga tiket pesawat yang sangat tinggi ditiap maskapai penerbangan.

Ketua KPPU Kota Balikpapan Abdul Hakim Pasaribu menjelaskan, saat ini dirinya masih melakukan proses pendalaman guna mencari penyebab utama terjadinya kenaikan yang signifikan pada harga tiket pesawat.

Sementara ini, dirinya masih menduga adanya beberapa faktor yang mempengaruhi maskapai penerbangan tersebut menaikkan harganya.

Salah satunya ia menduga adanya kenaikan Avtur sebagai bahan bakar, sehingga kenaikan bahan bakar tersebut dapat diikuti dengan naiknya tarif tiket pesawat.

 Selain itu, adanya dugaan persaingan bisnis antar pelaku usaha maskapai penerbangan juga dapat mempengaruhi kenaikan harga tersebut.

"Jadi semakin sedikit pesaing, maka semakin ketat persaingan bisnisnya. Logikanya, kalau Garuda menaikkan harga, otomatis Lion juga akan menaikkan harganya. Tapi ini masih dalam proses pendalaman kami," ujarnya.

Halaman
12
Penulis: Aris Joni
Editor: Anjas Pratama
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved