Warga Bontang Protes Tak Bisa Mencoblos, Ini Alasan KPPS

Warga protes karena tidak bisa menyalurkan suaranya di TPS 39, Kelurahan Api-Api, Bontang karena kehabisan kertas surat suara.

Warga Bontang Protes Tak Bisa Mencoblos, Ini Alasan KPPS
TRIBUN KALTIM/ ICHWQAL SETIAWAN
SURAT SUARA KURANG — Petugas Bawaslu Kecamatan dan PPS Tingkat Kelurahan mengkonfirmasi data di TPS 39 Kelurahan Api-Api, Kecamatan Bontang Utara. Kelebihan pemilih dengan E-KTP tak sesuai dengan ketersedian surat suara di TPS. 

TRIBUNKALTIM.CO, BONTANG — Proses pemungutan suara di TPS 39, Kelurahan Api-Api, Kecamatan Bontang Utara bermasalah. Warga dua RT yang tercatat sebagai pemilih gunakan e-KTP atau Daftar Pemilih Khusus (DPK) melakukan protes karena tak bisa menyalurkan hak suaranya akibat kertas suara habis.

Para pemilih DPK yang tercatat sebagai warga RT 41, Kelurahan Api-Api sejatinya memilih di TPS 39.

Tetapi hingga pukul 13.00 Wita mereka tak juga menyalurkan hak pilihnya akibat Surat Suara telah habis.

Mulanya, petugas KPPS menginformasikan bahwa mereka tak bisa memilih.

Petugas Bawaslu Kecamatan dan PPS Tingkat Kelurahan mengkonfirmasi data di TPS 39 Kelurahan Api-Api, Kecamatan Bontang Utara. Kelebihan pemilih dengan E-KTP tak sesuai dengan ketersedian surat suara di TPS.
Petugas Bawaslu Kecamatan dan PPS Tingkat Kelurahan mengkonfirmasi data di TPS 39 Kelurahan Api-Api, Kecamatan Bontang Utara. Kelebihan pemilih dengan E-KTP tak sesuai dengan ketersedian surat suara di TPS. (TRIBUN KALTIM/ ICHWAL SETIAWAN)

Protes kemudian dilayangkan oleh beberapa warga. Mereka menolak hak suaranya tak disalurkan akibat surat suara tak cukup.

“Kami tinggal di sini sudah lama pak, kok tidak tercatat sebagai DPT,” ujar Rusdiansyah bicara dengan nada sedikit meninggi.

Informasi yang dihimpun, petugas KPPS di TPS 39 membuka pendaftaran pemilih e-KTP pukul 12.00 Wita-13.00 Wita.

Tetapi, jumlah pendaftar melonjak dari ketersediaan surat suara.

Akibatnya, mereka yang telah menunggu sejak pagi-pagi tak bisa menyalurkan suaranya karena keterbatasan surat suara.

Petugas Panitia Pemungutan Suara (PPS) tingkat kelurahan meminta agar para pemilih yang telah terdaftar untuk berpindah ke TPS terdekat.

Halaman
1234
Penulis: Ichwal Setiawan
Editor: Rita
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved