Pemilu 2019

Lembur hingga Pukul 02.00, Ketua KPPS di Balikpapan tak Kaget Kerja dari Pagi Ketemu Pagi Lagi

Suparman (67) Ketua KPPS mengaku tak kaget lembur sampai pagi. KPPS harus bekerja menyelesaikan rekapitulasi suara.

Lembur hingga Pukul 02.00, Ketua KPPS di Balikpapan tak Kaget Kerja dari Pagi Ketemu Pagi Lagi
tribunkaltim.co/muhammad fachri ramadhani
Suasana di TPS 09 Kelurahan Gunung Samarinda Baru Balikpapan Utara. Petugas KPPS bersama Linmas tampak lembur hingga Kamis (18/4/2019) sekitar 02.00 Wita dini hari menunaikan tugasnya. 

TRIBUNKALTIM.CO, BALIKPAPAN - Suparman (67) ketua Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) mengaku tak kaget lembur sampai pagi.

KPPS harus bekerja menyelesaikan rekapitulasi penghitungan suara Pemilu 2019.

Bersama 6 anggotanya, Suparman menyelesaikan tugas di Tempat Pemungutan Suara (TPS) 09 Kelurahan Gunung Samarinda Baru, Balikpapan Utara pada Kamis (18/4/2019) sekitar 02.00 Wita.

Kepada Tribunkaltim.co, ia mengaku sudah mendapat gambaran tugas negara yang diamanahkan kepadanya, bakal berlangsung dari pagi ketemu pagi lagi.

Mereka menunaikan tugas mulai dari persiapan logistik Pemilu, pencoblosan, penghitungan suara peserta Pileg dan Pilpres 2019, hingga menyerahkan kotak suara ke Kelurahan setempat.

"Sebelumnya, mesti ada gambaran bakal selesai di atas jam 12 (malam). Ya, keluhan dari anggota, mengurus 5 jenis surat suara terlalu banyak. 7 orang ini kerja semua, keroyokan dari pagi (17/4/2019)," ungkapnya sambil menandatangani blangko di TPS.

Menurutnya, Pemilu 2019 kali ini benar-benar paling ribet dari penyelenggaraan sebelumnya.

Bila Pemilu sebelumnya bisa selesai sebelum malam, kali ini tidak bisa. Soal administrasi jadi hal yang memakan waktu panjang.

"Surat suara 5 jenis itu gak boleh tercampur. Belum kita salin lagi di blangko laporan hasil penghitungan suara. Makan waktu panjang," keluhnya.

Ditambah, banyaknya saksi yang berada di TPS. Mulai dari 16 saksi partai, 2 saksi Capres-Cawapres dan saksi anggota DPD RI sebanyak 47 orang. "Tapi yang DPD tak semuanya ada," tuturnya.

Halaman
1234
Penulis: Muhammad Fachri Ramadhani
Editor: Amalia Husnul Arofiati
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved