Wisata Kuliner

Nikmatnya Sop Saudara Dan Coto Makassar Cukup Mengobati Rasa Kangen Dengan Kampung Halaman

Selera bumbu Makassar lebih mengental, yang bisa mengingatkan diri pada bumi Sulawesi.

Nikmatnya Sop Saudara Dan Coto Makassar Cukup Mengobati Rasa Kangen Dengan Kampung Halaman
Tribunkaltim/Budi Susilo
Menikmati Sosto Makassar Daeng Tata di Tarakan, Kalimantan Utara 

Laporan Wartawan Tribunkaltim.co, Budi Susilo

TRIBUNKALTIM.CO, TARAKAN - Rumah makan yang menyuguhkan hidangan Coto Makassar dan Soup Dua Saudara sudah banyak, merambah di berbagai daerah termasuk di Kelurahan Kampung empat, Kota Tarakan, Provinsi Kalimantan Utara.

Namun masih jarang restoran yang mengandalkan cita rasanya yang unik. Di Kota Tarakan ada restoran Daeng Tata yang menyediakan menu makanan Coto Makassar dan Soup Saudara. Racikan kulinernya spesial, jarang bisa ditemukan di restoran pada umumnya.

Seperti halnya, dalam membuat kuah bumbu Coto dan Soup, restoran yang ada di bilangan Jalan Sei Sesayap ini menggunakan alat masak tungku yang terbuat dari bahan tanah liat. Bahan pembakarannya pun menggunakan kayu bakar.

Menurut Aksa, pemilik Daeng Tata, restorannya menerapkan konsep kuliner yang seungguhnya, menonjolkan selera tradisi leluhur supaya nilai keasliannya bisa terjaga dan tetap bisa dirasakan.

Sop Saudara dan Coto Makassar Daeng Tata
Sop Saudara dan Coto Makassar Daeng Tata (Tribunkaltim/Budi Susilo)

“Tidak pakai kompor gas atau kompor minyak hasil masakannya tetap beraroma makanan. Tidak bau minyak,” kata pria berjanggut tipis ini, kepada Tribunkaltim, belum lama ini.

Masakan yang ditawarkannya merupakan asli ramuan dari kakeknya yang ada di Makassar. Selera bumbu Makassar lebih mengental, yang bisa mengingatkan diri pada bumi Sulawesi.  

Kata Aksa, dirinya tidak menjual tempat makan warungnya yang berkonsep modern etnik, namun lebih mengutamakan jualan rasa. Inilah eksklusivitas restoran Daeng Tata, yang baru saja dibuka pada 1 Januari 2016.

Simak juga berita lainnya:

VIDEO - Walau Tergugat Bawa Kompas, Juru Sita Tetap Eksekusi Lahan Sengketa

Halaman
123
Penulis: Budi Susilo
Editor: Martinus Wikan
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved