Milisi Abu Sayyaf

Setelah Dapat Uang Tebusan dari Pembebasan Sandera, Kelompok Abu Sayyaf Kaya Raya

Abu Sayyaf meraup sedikitnya 353 juta peso (US$7,3 juta) sekitar Rp 95 miliar dari uang tebusan penculikan-penculikan dalam enam bulan pertama tahun i

Setelah Dapat Uang Tebusan dari Pembebasan Sandera, Kelompok Abu Sayyaf Kaya Raya
INQUIRER/RADYO
Kelompok bersenjata Abu Sayyaf. 

"Kelompok itu diperkirakan akan mengintensifkan serangan penculikan untuk mendapatkan tebusan di perairan yang sibuk sekitar Filipina bagian selatan, Malaysia dan Indonesia."

TRIBUNKALTIM.CO, MANILA - Abu Sayyaf meraup sedikitnya 353 juta peso (US$7,3 juta) sekitar Rp 95 miliar dari uang tebusan penculikan-penculikan dalam enam bulan pertama tahun ini.

Kelompok Abu Sayyaf juga telah menculik awak-awak kapal tongkang di tengah serangan militer yang membatasi mobilitas kelompok militan ini, menurut laporan rahasia pemerintah Filipina.

Laporan evaluasi ancaman gabungan militer dan kepolisian yang didapat The Associated Press hari Kamis (27/10/2016) menyatakan bahwa serangan-serangan telah sedikit mengurangi jumlah pejuang Abu Sayyaf.

Meskipun kelompok itu tetap mampu meluncurkan serangan teroris.

Serangan pemerintah telah menurunkan jumlah militan menjadi 481 orang dalam paruh pertama tahun ini dari 506 pada periode yang sama tahun lalu.

Baca: Menlu Serah Terimakan 3 WNI yang Dibebaskan Abu Sayyaf kepada Keluarga

Namun kelompok ini masih bisa melakukan 32 pemboman saat itu, sebuah peningkatan 68 persen, dalam upaya mengalihkan serangan militer, menurut laporan itu.

Mereka menggunakan sedikitnya 438 senjata api dan berhasil melakukan sejumlah pelatihan teroris di tengah serangan militer yang konstan.

Presiden Rodrigo Duterte, yang mulai menjabat Juni, telah memerintahkan pasukannya untuk menghancurkan Abu Sayyaf, yang dikenal atas kebrutalannya.

Halaman
123
Editor: Amalia Husnul Arofiati
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved