Breaking News:

Jatah 1.000 Blanko E-KTP untuk Berau Ludes dalam 1 Hari, Warga yang Tak Kebagian Mengaku Kecewa

Sebanyak 1.000 blanko E-KTP yang merupakan jatah Kabupaten Berau memang sudah tiba. Hanya sayangnya, 1.000 blanko tadi langsung ludes dalam 1 hari.

Penulis: Geafry Necolsen | Editor: Doan Pardede
TRIBUNKALTIM/GEAFRY NECOLSEN
Masyarakat Berau tampaknya harus lebih bersabar saat mengurus administrasi kependudukan, terutama Kartu Tanda Penduduk Elektronik (KTP el). Pasalnya dalam beberapa bulan terakhir, pengurusan KTP el tersendat, lantaran kehabisan blanko. 
Jatah 1.000 Blanko E-KTP untuk Berau Ludes dalam 1 Hari, Warga yang Tak Kebagian Mengaku Kecewa
Laporan Wartawan Tribunkaltim.co, Geafry Necolsen
TANJUNG REDEB, TRIBUNKALTIM.CO – Masyarakat Berau tampaknya harus lebih bersabar saat mengurus administrasi kependudukan, terutama Kartu Tanda Penduduk Elektronik atau E-KTP.
Pasalnya dalam beberapa bulan terakhir, pengurusan E-KTP memang tersendat, lantaran kehabisan blanko.
Pada, Rabu (30/1/2019), sebanyak 1.000 blanko E-KTP yang merupakan jatah Kabupaten Berau memang sudah tiba. 
Hanya sayangnya, 1.000 blanko tadi langsung ludes pada hari Kamis (31/1/2019). 
Kondisi ini kembali mengundang kekecewaan masyarakat.
Untuk mengatasi persoalan yang menjadi keluhan masyarakat ini, Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil kembali  mengajukan pasokan blanko KTP sebanyak 15.000 lembar ke Pemerintah Pusat.
 
 
"Kami sudah menunggu lama, baru datang kemarin, hari ini kami urus, ternyata sudah kehabisan. Jadi diminta menunggu lagi," ungkap seorang warga yang berpesan agar namanya tidak disebutkan.
"Nanti kalau sebut nama, malah dipersulit," ungkapnya.
Sejak Kamis pagi, warga yang memegang surat keterangan, sebagai KTP sementara setelah melakukan perekaman data, membanjiri kantor Disdukcapil, berharap bisa segera mendapat KTP permanen. 
"Karena kalau begini terus, kami yang repot. Harus bolak-balik ke Disdukcapil. Sampai sini belum tentu kebagian," ungkap warga lainnya. Awalnya, warga mengaku mendapat informasi melalui pesan whatsapp, bahwa blanko KTP baru saja tiba.
 
 
Kepala Seksi Identitas Penduduk, Disdukcapil Berau, Jhon Frihandany membenarkan pihaknya memang hanya mendapat stok blanko E-KTP  sebanyak 1000 lembar.
"Bagaimana tidak langsung ludes, warga yang telah melakukan perekaman KTP jumlahnya 3.615, sementara blanko hanya 1.000," ungkapnya.
Pihaknya pun kembali telah kembali menyurati Direktur Jendral Kendudukan dan Catatan Sipil  untuk meminta tambahan blanko sebanyak 10 ribu lembar untuk warga yang belum melakukan perekaman maupun yang tinggal menunggu cetak KTP.
 
 
Sekadar diketahui, dari 13 kecamatan di Kabupaten Berau, ada 16.159 warga yang belum melakukan perekaman data biometrik yang dibutuhkan untuk menerbitkan KTP.
Untuk memperlancar urusan wajib ini, sekaligus untuk mengurangi antrean, Disdukcapil jemput bola ke kampung-kampung maupun sekolah yang ada di Berau untuk melayani warga yang masuk usia wajib KTP.
"Yang penting terekam dulu datanya, KTP-nya bisa menyusul. Dan kami berharap, masyarakat bisa bersabar," tandasnya.

Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved