Breaking News:

Berita Video

VIDEO - TNI dan Polri Gelar Simulasi Pengamanan Pemilu 2019 di Samarinda

Hal itulah yang memicu kemarahan massa, hingga akhirnya terjadi kericuhan. Jumlah massa semakin meningkat dan tidak dapat terkendali lagi.

TRIBUNKALTIM/CHRISTOPER DESMAWANGGA
TNI dan Polri di Samarinda menggelar simulasi sistem pengamanan kota dalam rangka pengamanan Pemilu 2019, Kamis (21/3/2019). 

Laporan wartawan tribunkaltim.co, Christoper D

TRIBUNKALTIM.CO, SAMARINDA - Polri dan TNI di Samarinda menggelar simulasi pengamanan Pemilu 2019.

Simulasi yang dilaksanakan di halaman parkir komplek stadion Madya Sempaja, Kamis (21/3/2019) pagi tadi, dibuat menyerupai kejadian yang sebenarnya.

Mulai dari patroli gabungan ke setiap TPS (Tempat Pemungutan Suara), penghitungan suara, hingga pengumuman pemenang.

Namun, dalam skenario yang dibuat, pada penghitungan suara terdapat sejumlah massa yang tidak terima dengan hasil penghitungan suara disalah satu TPS.

Hal itulah yang memicu kemarahan massa, hingga akhirnya terjadi kericuhan. Jumlah massa semakin meningkat dan tidak dapat terkendali lagi.

Personel gabungan pun mengambil langkah cepat guna meredam kericuhan, personel Sabhara Polresta Samarinda, bersama prajurit TNI Kodim 0901/Samarinda (Smd) dikerahkan.

Polres PPU Bekali Vitamin untuk Personelnya saat Jaga TPS di Pemilu 2019

Namun, massa semakin beringas, petugas dilemapari botol, hingga terjadi pemukulan dengan menggunakan benda tumpul.

Karena massa semakin tidak dapat terkontrol, Kepolisian dan TNI kembali mengerahkan pasukan lainnya, yakni dari Detasemen B Pelopor Brimob Polda Kaltim bersama Prajurit Yonif 611/Awang Long (Awl), lengkap dengan kendaraan water canon, motor, serta senjata.

Gas air mata, serta air yang disemprotkan ke kerumunan massa, tetap tidak membuat nyali massa ciut. Namun demikian, perlahan-lahan massa mulai menjauhi dan meninggalkan lokasi.

Halaman
123
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved