Ketua Umum PAN Zulhas Temui Jokowi, Tanda Bergabung di Koalisi

Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) Zulkifli Hasan (Zulhas) disebut bakal akan membawa PAN untuk kembali bergabung dengan koalisi pendukung Jokowi

Ketua Umum PAN Zulhas Temui Jokowi, Tanda Bergabung di Koalisi
KOMPAS.com/Ihsanuddin
Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan, Ketua Umum Nasdem Surya Paloh dan Sekjen PDI-P Hasto Kristiyanto usai menghadiri pelantikan gubernur dan wagub Maluku, di Istana Negara, Jakarta, Rabu (24/4/2019). 

TRIBUNKALTIM.CO, JAKARTA --Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) Zulkifli Hasan (Zulhas) disebut bakal akan membawa PAN untuk kembali bergabung dengan koalisi pendukung Jokowi

Sebelumnya, PAN pernah menjadi bagian dari pemerintahan Jokowi dan menempatkan satu kader menjadi menteri. 

Namun partai ini keluar setelah memutuskan untuk bergabung dengan Koalisi Adil Makmur dengan mengusung Prabowo Subianto-Sandiaga Uno.

Spekulasi bergabungnya PAN ini setelah Ketua Umum PAN Zulhas yang juga Ketua MPR RI melakukan pertemuan dengan Presiden Joko Widodo di  Istana Negara, Rabu (24/4/2019) lalu.

Pengamat Politik, Leo Agustino mengatakan, bukan tidak mungkin Zulhas akan kembali bergabung ke Koalisi Pemerintahan Jokowi.

"Tidak ada yang tidak ada dalam politik. Dan ini sangat mungkin berlaku dalam pemerintahan ke depan," ujar Leo Agustino, Jumat (26/4/2019).

"PAN, Saya kira, akan memanfaatkan momen ini sebagai batu loncatannya ke dalam koalisi pemerintahan Jokowi-KH Ma'ruf Amin," paparnya.

Kendati memang akan ada perlawanan kata dia, dari beberapa faksi yang ada di dalam PAN.

Pun dari dalam koalisi pendukung Jokowi-KH Ma'ruf Amin di Pilpres 2019.

Tapi yang jelas menurut dia, kepentingan PAN sebagai partai politik yang harus mempersiapkan kontestasi di Pilkada setelah Pemilu 2019 maupun persiapan menghadapi Pemilu 2024 menjadi jauh lebih penting.

Halaman
123
Editor: Samir Paturusi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved