Pileg 2019

TERPOPULER - Anggota Keluarga Cendana Diprediksi Tak Ada yang Lolos ke Senayan, Berikut Daftarnya

Sejumlah anggota Keluarga Cendana yang maju di Pemilihan Legislatif (Pileg) 2019 diprediksi tak akan lolos ke Senayan.

TERPOPULER - Anggota Keluarga Cendana Diprediksi Tak Ada yang Lolos ke Senayan, Berikut Daftarnya
TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN
Ketua Umum Partai Berkarya Tommy Soeharto (kiri) didampingi Sekjen Partai Berkarya Badaruddin Andi Picunang (kanan) menunjukkan nomor urut usai pengundian nomor urut partai politik peserta pemilu 2019 di Gedung KPU, Jakarta, Minggu (18/2/2018). 

TRIBUNKALTIM.CO - Sejumlah anggota Keluarga Cendana yang maju di Pemilihan Legislatif (Pileg) 2019 diprediksi tak akan lolos ke Senayan.

Hal tersebut jika berkaca pada hasil quick count yang dirilis sejumlah lembaga survei serta hasil sementara perhitungan real count yang dilakukan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU).

Ada 2 putra dan putri Soeharto yang maju dalam perhelatan Pileg 2019 kali ini.

Pemilik nama lengkap Hutomo Mandala Putra ini maju melalui Dapil Papua.

Satu lagi putri Seoharto yang juga maju melalui Partai Berkaya adalah Siti Hediati Hariyadi yang maju di dapil Yogyakarta.

Berdasarkan hasil quick count yang dirilis sejumlah lembaga survei perolehan suara dari Partai Berkarya berada di bawah 4 persen atau gagal memenuhi ambang batas suara parlemen.

Undang-undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilu mengatur keberadaan partai politik di DPR melalui para calegnya, didasarkan pada minimal perolehan suara nasional sebesar 4 persen, atau sekitar 6 juta suara secara nasional.

 Jika tidak memenuhi batas minimal itu, maka otomatis berapa besar pun suara calegnya, karena partai tak masuk DPR, maka caleg-caleg DPR Berkarya dianggap gugur.

Sementara itu melansir dari Kompas.com,  Sekretaris Jenderal Partai Berkarya, Badaruddin Andi Picunang masih tetap berharap partainya lolos dari ambangg batas parlemen,

"Soal quick count, kami menghargai itu sebagai prediksi awal dan berharap ada margin of error dua persen yang positif," ujar Sekretaris Jenderal Partai Berkarya, Badaruddin Andi Picunang kepada Kompas.com, Senin (21/4/2019).

Halaman
1234
Editor: Doan Pardede
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved