Pemilu 2019

Masih Sisakan Satu Kecamatan, KPU Samarinda Tunda Pleno Rekapitulasi Sampai Besok Hari

KPU Samarinda menunda pleno rekapitulasi suara hingga Selasa (7/5/2019) besok. Masih ada satu kecamatan lagi yang belum menuntaskan rekapitulasi

Masih Sisakan Satu Kecamatan, KPU Samarinda Tunda Pleno Rekapitulasi Sampai Besok Hari
Tribunkaltim.co, Nalendro Priambodo
Ketua KPU Samarinda, Firman Hidayat di jeda pleno rekapitulasi suara tingkat kota Samarinda, Minggu (5/5/2019) 

TRIBUNKALTIM.CO, SAMARINDA - Pleno rekapitulasi suara tingkat kota di Kota Samarinda, ditunda esok hari, Selasa (6/5/2019) pagi pukul 09.00 Wita.

Alasannya, masih ada satu Kelurahan, Sungai Pinang Dalam yang masuk di Kecamatan Sungai Pinang, masih merampungkan penandatanganan formulir hasil perhitungan suara tingkat kecamatan - DA1.

Dari Koordinasi Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Samarinda, Firman Hidayat, dengan petugas penyelenggara pemilu kecamatan (PPK) Sungai Pinang, pada Senin (6/5/2019) pukul 22.00 Wita, PPK meminta waktu 2 jam untuk penyelesaian tandatangan DA1 dan pengiriman kotak.

Namun, saat sidang pleno terbuka, saksi parpol dan penyelenggaraa pemilu bersepakat sebaiknya sidang ditunda ke esokan harinya, karena waktu pleno tiap harinya hanya sampai pukul 01.00 dini hari.

Ketua KPU Samarinda Firman, ditemui di lokasi pleno Rekapitulasi terbuka di Aula Hotel Mesra, Samarinda, Senin (6/5/2019) malam, sekitar pukul 23.15 menjelaskan, lambannya rekapitulasi ini, murni karena jumlah TPS di kelurahan itu, berukuran jumbo sebanyak 152 TPS.

"Jumlah TPS dalam satu kelurahan di sana (Sungai Pinang Dalam), mengalahkan jumlah TPS di Kecamatan Samarinda Kota atau Sambutan," ucap Firman.

Selain banyaknya TPS, terlambatnya, proses rekapitulasi di sana, karena PPK yang merekapitulasi suara hanya 3 orang dibantu beberapa staf.

"Ini sudah masuk penghitungan hari ke-15 di sana," katanya.

Hingga berita ini diturunkan, sejumlah komisioner KPU masih menunggu tibanya kotak suara berisi formulir DA1 dari Kecamatan Sungai Pinang.

Beberapa polisi masih berjaga di beberapa titik masuk ke lokasi perhitungan.

Halaman
12
Penulis: Nalendro Priambodo
Editor: Rafan Arif Dwinanto
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved