OPINI

Peningkatan Perekonomian Berbasis Agribisnis di Kutai Timur

PEREKONOMIAN Kutai Timur pada 2018 lalu dinilai mengalami peningkatan. Dilihat dari jumlah PDRB peningkatan pertumbuhan ekonomi, dengan migas 1,96 pe

Peningkatan Perekonomian Berbasis Agribisnis di Kutai Timur
IST/HUMAS
Oleh: Mey Handani Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Manajemen Pascasarjana IPB

Oleh: Mey Handani
Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Manajemen Pascasarjana IPB

TRIBUNKALTIM.CO - PEREKONOMIAN Kutai Timur pada 2018 lalu dinilai mengalami peningkatan. Dilihat dari jumlah PDRB peningkatan pertumbuhan ekonomi, dengan migas 1,96 persen, tanpa migas 1,90 persen serta tanpa migas dan batu bara sebesar 2,93 persen yang di dalamnya terdapat sektor pertanian.

Perekononomian Kutai Timur mengalami peningkatan yang lebih baik di bawah kepemimpinan Bupati Ismunadar, MT.

Konsen utama dalam penulisan artikel ini adalah meskipun perekonomian di Kutai Timur didominasi sektor migas dan batu bara, sektor pertanian tetap memberikan peran sangat penting untuk kemajuan perekonomian daerah, penciptaan lapangan kerja serta pemenuhan kebutuhan pangan masyarakat.

Hal ini sesuai dengan program Bupati Kutai Timur "Gerbang Desa Madu (Gerakan Pembangunan Desa Mandiri Terpadu)", dimana sektor pertanian didominasi oleh masyarakat pedesaan.

Salah satu arah kebijakan pembangunan pertanian yang tercantum dalam RPJMN 20152019 Kementerian Pertanian adalah meningkatkan kapasitas produksi melalui peningkatan produktivitas dan perluasan areal pertanian.

Ibu-ibu warga Tenggarong menyerbu pasar murah yang digelar PDPAU Samarinda, Kamis (15/5/2019) di depan Bakso Lapangan Tembak Senayan Timbau. Harga bawang putih dibandrol Rp 35 ribu/kg
Ibu-ibu warga Tenggarong menyerbu pasar murah yang digelar PDPAU Samarinda, Kamis (15/5/2019) di depan Bakso Lapangan Tembak Senayan Timbau. Harga bawang putih dibandrol Rp 35 ribu/kg (TribunKaltim.CO/Rahmat Taufik)

Peran ekosistem lokal sangat nyata dalam membentuk dan menentukan arah kegiatan produktif kelompok sosial yang berada didalamnya.

Politik dari perspektif kebijakan merupakan suatu seni cara suatu tujuan berkontribusi terhadap proses penyusunan dan pelaksanaan kebijakan.

Kebijakan pertanian harus lebih selektif dan inovatif untuk mengembangkan potensi daerah dan meningkatkan daya saing produk pertanian.

Dewasa ini harga pangan sangat terikat dengan harga minyak bumi. Menurut sejarah harga kedua komoditi tersebut selalu terpisah, sejak Amerika mampu mengkonversi bijibijian menjadi ethanol maka harga pangan dunia menjadi terikat dengan minyak bumi.

Halaman
123
Editor: Sumarsono
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved