Mengapa Bus Damri Belum Beroperasi di Bandara SAMS Sepinggan, Ini Alasannya

Kepala Dishub Kaltim, Salman Lumoindong membeberkan alasan mengapa transportasi publik massal seperti bus Damri tak memiliki trayek di Bandara SAMS

Mengapa Bus Damri Belum Beroperasi di Bandara SAMS Sepinggan, Ini Alasannya
TRIBUN KALTIM/ Nalendro Priambodo
Bus Damri dari Bandara APT Pranoto saat menurunkan penumpang di Plaza Mulia Samarinda beberapa waktu lalu. 

TRIBUNKALTIM.CO, SAMARINDA - Kepala Dinas Perhubungan Kaltim, Salman Lumoindong membeberkan alasan mengapa transportasi publik massal seperti bus Damri tak memiliki trayek dari dan menuju Bandara Sultan Aji Muhammad Sulaiman (SAMS) Sepinggan, Balikpapan.

Selama ini, transportasi dari dan menuju bandara kaliber internasional di Kota Minyak, khususnya penumpang luar kota, bisa ditempuh dengan bus swasta, taksi bandara dan taksi plat hitam.

Berbeda dengan bandara lain, misalnya Soekarno Hatta di Cengkareng. Di sana, dengan mudah, masyarakat memilih banyak moda transportasi, termasuk Damri, ke berbagai kota di luar Tangerang.

Menurut Salman, masalah itu berlangsung lama, sebelum dirinya dilantik menjadi Kepala Dinas Perhubungan Kaltim, 2016 lalu.

"Banyak pemain lama, misalnya taksi bandara (yang menolak).

Mereka takut, kalau Damri masuk, mereka merugi," katanya, Sabtu (18/5/2019) malam usai diskusi bertema "Membangun Transportasi Publik untuk Pembangunan Berkelanjutan Kalimantan Timur" di Rumah Jabatan Wali Kota Samarinda.

Ia menilai, ketiadaan transportasi publik massal semisal Damri di sana menjadi dilema tersendiri.

Sebab, di satu sisi, ada ratusan orang yang menggantungkan diri dari bisinis transportasi publik privat di bandara.

Di satu sisi, butuh transportasi publik massal yang terjangkau.

Sebagai perbandingan, rata-rata taksi bandara mematok tarif 350-400 ribu, dari Samarinda ke Balikpapan. Sementara, taksi plat hitam antara 100-150 ribu per orang di rute yang sama.

Halaman
123
Penulis: Nalendro Priambodo
Editor: Rita
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved