Sebagian Medsos Dibatasi, Pedagang Online dan Pengusaha Percetakan Mengaku Terganggu 

Keluhan yang sama juga dilontarkan oleh Yova, pedagang kuliner yang mengandalkan media sosial sebagai ajang promosi.

Sebagian Medsos Dibatasi, Pedagang Online dan Pengusaha Percetakan Mengaku Terganggu 
tvnz.co.nz/1 NEWS
Facebook, WhatsApp dan Instagram Down, Tagar #InstagramDown dan #WhatsAppDown Menggema di Twitter 

TRIBUNKALTIM.CO, TANJUNG REDEB - Mengacu pada alasan mencegah informasi provokatif dan hoax, pemerintah membatasi sejumlah fasilitas pertukaran foto dan video di berbagai platform media sosial, seperti Facebook dan Instagram, juga aplikasi pesan WhatsApp.

Namun pemblokiran yang sudah berlangsung beberapa hari ini dianggap sangat menganggu.

Terutama para pengusaha yang sudah terbiasa menggunakan media sosial untuk mengirim file digital yang akan didesain ulang, maupun yang akan dicetak dalam bentuk undangan, spanduk, dan lain sebagainya.

Seperti yang dikemukakan oleh Jaka. Pengelola Radika Advertising ini mengaku pemblokiran ini cukup mengganggu.

"Yang kasihan itu pelanggan, yang biasanya tinggal mengirim file lewat WhatsApp, sekarang haru datang mengantar file, kemudian datang lagi untuk mengambil hasilnya. Jadi harus bolak-balik," ujarnya, Jumat (24/5/2019).

Meski ada berbagai cara untuk mengatasi pemblokiran ini, salah satunya dengan menggunakan Virtual Privare  Network (VPN), namun kenyataan, tidak semua masyarakat memahami cara ini.

"Apalagi bapak-bapak atau ibu-ibu, mereka mana paham cara download dan menggunakan VPN. Banyak pelanggan saya yang mondar-mandir datang ke sini, kan kasihan," katanya lagi.

Meski demikian, Jaka mengaku, tidak ada satupun yang membatalkan pesanan karena masalah ini.

Keluhan yang sama juga dilontarkan oleh Yova, pedagang kuliner yang mengandalkan media sosial sebagai ajang promonya ini mengaku kesulitan menjual panganan olahannya.

"Saya memang pakai VPN, tapi pelanggan-pelanggan saya yang lain ada juga yang tidak tahu caranya menggunakan VPN. Mereka bilang (foto) postingan saya di Facebook, semua (foto grid) warna abu-abu (warna dasar kolom foto di facebook)," jelasnya.

Halaman
1234
Penulis: Geafry Necolsen
Editor: Kholish Chered
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved